Subsidi Dicabut, Harga Minyak Goreng Curah Terbang di Atas HET

Kamis, 02 Juni 2022 | 11:50 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Subsidi Dicabut, Harga Minyak Goreng Curah Terbang di Atas HET

ILUSTRASI. Pedagang mengemas minyak goreng curah yang dijual di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022). Subsidi Dicabut, Harga Minyak Goreng Curah Terbang di Atas HET.


MINYAK GORENG -  JAKARTA. Pemerintah mencabut subsidi minyak goreng curah per 31 April 2022 kemarin. Dan kembali akan memperlakukan kebijakan DMO, DPO pada minyak goreng.

Berdasarkan pantauan Kontan.co.id pada Kamis (2/6), di Pasar Palmerah. Harga minyak goreng curah belum ada yang menyentuh Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp 15.4500 per kg atau Rp 14.500 per liter.

“Yang curah masih sama dengan kemarin Rp. 18.000 per kg kita jual, kayaknya pedagang lain juga masih sama,” kata Anly, pedagang di pasar Palmerah.

Selanjutnya, pedagang lain Sudrajat, juga menyampaikan hal serupa. Dia masih menjual harga minyak goreng curah dengan harga yang sama. Lantaran dia mendapatkan harga Rp.15.000 per kg dari agenya.

“Stoknya sudah banyak, tapi harganya kita jual Rp. 18.000 per kg sama seperti kemarin,” ucapnya.

Baca Juga: Sejumlah Harga Komoditas Pangan Naik, Berikut Daftar Rinciannya

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Reynaldi Sarijowan melaporkan kondisi terkini di pasar bahwa harga minyak goreng curah masih relatif tinggi.

Dia menyebutkan bahwa rata rata di pedagang di pasar masih menjual dengan harga Rp 18.000 per kg. Bahkan dia melaporkan khusus di Bogor, harga minyak goreng curah sudah tembus sampai Harga Rp 22.000 pasca subsidi minyak goreng curah dicabut.

“Dicabutnya subsidi minyak goreng belum bisa menurunkan harga minyak goreng curah, rata rata pedagang masih menjual Rp 18.000 per kg. Khusus di Bogor minyak goreng curah sudah tembus Rp 22.000 per kg ditingkat pengecer,” kata dia.

Sementara berdasarkan pantauan Kontan.co.id harga minyak goreng kemasan, sudah sedikit turun. Harga minyak goreng kemasan di gerai supermarket saat ini dihargai Rp 23.000 – Rp 27.000 per liter.

Baca Juga: Subsidi Minyak Goreng untuk Pengusaha Dicabut, Ini Gantinya

Editor: Noverius Laoli

Terbaru