Suhu di Indonesia terasa panas dan bisa capai 36 derajat celcius, apa penyebabnya? J

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:50 WIB Sumber: Kompas.com
Suhu di Indonesia terasa panas dan bisa capai 36 derajat celcius, apa penyebabnya?  J


BMKG - JAKARTA. Banyak orang mengeluhkan suhu yang terasa panas di sejumlah wilayah di Indonesia. Keluhan tersebut dapat diketahui di sejumlah media sosial.  

Tak hanya di siang hari, banyak netizen mengaku merasa kegerahan saat malam hari. 

Lantas, mengapa suhu di Indonesia terasa panas? 

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (14/10/2021), Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan, suhu panas dirasakan di sejumlah wilayah di Indonesia. 

“Secara umum, terjadi juga di wilayah Jawa-Nusa Tenggara,” kata Miming. 

Miming mengungkapkan, cuaca cerah dengan sedikit awan yang membuat suhu terasa panas terutama pada siang hari berpotensi masih berlangsung selama pekan ini. 

Baca Juga: BMKG: Suhu di Indonesia alami peningkatan, tapi bukan gelombang panas

Miming menambahkan, berdasarkan pengamatan BMKG, suhu maksimum di beberapa wilayah di Indonesia belakangan ini mencapai 34-36 derajat celcius. 

Berdasarkan pemantauan tersebut, salah satu wilayah di Indonesia yang tercatat sempat mengalami suhu tertinggi adalah Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. 

Pada Selasa, 12 Oktober 2021, suhu di wilayah Kertajati mencapai kisaran 36,4 derajat celsius. 

Miming menjelaskan, suhu panas yang dirasakan saat ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari posisi matahari hingga kondisi cuaca. 

Baca Juga: Waspada cuaca ekstrem saat pancaroba, mulai hujan angin hingga hujan es

“Kondisi suhu udara yang cukup terik pada siang hari khususnya di wilayah Jabodetabek, secara umum di wilayah Jawa, disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk posisi semu matahari dan kondisi cuaca yang umumnya cerah atau kondisi perawanan yang sedikit,” ujar Miming. 

Menurut Miming, saat ini posisi semu matahari berada di sekitar sebelah selatan ekuator dengan posisi lintang sekitar 7 derajat LS atau berada di sekitar lintasan wilayah Jawa-Nusa Tenggara. 

Ditambah dengan kondisi cuaca yang umumnya cerah dan hanya sedikit awan terutama pagi dan siang hari, suhu pun menjadi sangat terik di sejumlah wilayah di Indonesia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru