Tahap I, BNPB Siapkan Rp 500 Juta untuk Logistik Korban Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 | 17:54 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Tahap I, BNPB Siapkan Rp 500 Juta untuk Logistik Korban Gempa Cianjur

ILUSTRASI. Sejumlah pegawai mengevakuasi rekannya yang terluka saat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Bunikasih, Warungkondang, Kabupaten Cianjur,


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto memastikan dapur umum sudah berdiri sore ini di wilayah terdampak Bencana Gempa di Cianjur.

Suharyanto mengatakan, dirinya akan meninjau langsung penanganan bencana besok dengan menggunakan helikopter. Nantinya, helikopter yang ditumpanginya tersebut akan stand by di Cianjur untuk mendistribusikan logistik, khususnya ke tempat tempat yang terisolir.

Selain itu, jika memungkinkan BNPB akan menggunakan jalur darat dan membawa logistik siap pakai yang bisa langsung dikonsumsi masyarakat. Sehingga dapur dapur lapangan yang sudah dioperasionalkan BPBD, TNI Polri, BNPB pusat dapat menyalurkan logistik yang siap pakai tersebut.

Baca Juga: Termasuk Gempa Bumi Dangkal, BMKG Terus Pantau Adanya Gempa Susulan

“Untuk tahap pertama kami akan siapkan logistik senilai Rp 500 juta merupakan kebutuhan logistik yang bisa dikonsumsi. Kemudian juga dana siap pakai yang bisa dioperasionalkan oleh Bupati Cianjur sebesar Rp 1 miliar untuk mengaktivasikan posko. Ini terus kita pantau setiap hari,” ucap Suharyanto dalam konferensi pers, Senin (21/11).

Suharyanto berharap masa tanggap darurat tidak lama atau setidaknya sampai 2 minggu dapat selesai. Pihaknya bersama kementerian/lemabaga akan terus berupaya dalam penanganan bencana gempa di Cianjur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru