Infrastruktur

Tahun 2020, ada tiga mal baru di Surabaya siap dibuka

Rabu, 15 Januari 2020 | 15:57 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Tahun 2020, ada tiga mal baru di Surabaya siap dibuka

ILUSTRASI. Suasana lobi pusat perbelanjaan Supermal Pakuwon Indah di Surabaya, Jawa Timur. KONTAN/Gloria Haraito/Juli 2009/difile oleh Daniel


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pakuwon Mall Surabaya didapuk sebagai pusat perbelanjaan terluas di Indonesia. Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan, net leasable area (NLA) atau luas area sewa efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 180.000 meter persegi atau 18 hektare.

Meski Surabaya memiliki mal dengan luasan paling besar di Indonesia, tapi hal itu tidak menyurutkan developer untuk kembali mengembangkan pusat perbelanjaan di Kota Pahlawan ini.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto menuturkan, pada tahun ini, terdapat tiga pusat perbelanjaan yang akan beroperasi. "Proyek baru di selatan dan timur Surabaya," kata Ferry di Jakarta, Rabu (8/1).

Baca Juga: Obligasi Lippo Karawaci (LPKR) oversubscribed 4,5 kali lipat

Ketiganya adalah Ciputra World Surabaya Mall 2 di Surabaya Selatan, East Cost Center 2 di Surabaya Timur, dan Lagoon Avenue Sungkono di Surabaya Selatan. Masing-masing mal tersebut dikembangkan oleh PT Ciputra Development Tbk, PT Pakuwon Jati Tbk, dan PT PP Properti Tbk.

Total NLA efektif ketiga pusat perbelanjaan tersebut sekitar 80.000 meter persegi. Lebih luas dan lebih banyak jika dibandingkan tahun 2019 yang hanya mencatatkan satu pusat perbelanjaan.

Dengan demikian, beroperasinya ketiga mal tersebut akan menambah total pasokan ruang ritel kumulatif menjadi 1,21 juta meter persegi. Meski ada peningkatan luas ruang ritel, tetapi tingkat hunian diprediksi menurun.

Namun menurut Ferry, penurunan tersebut terjadi karena adanya tambahan pasokan yang lebih besar. "Tingkat hunian juga akan turun lebih dalam tambahan pasokan yang lebih besar. Kemudian sewa juga akan sedikit bergerak," ujar Ferry.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru