Tekan Angka Pengangguran, Menparekraf Usul Pelatihan Diperkuat Bagi Anak Muda

Kamis, 03 Oktober 2024 | 02:40 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Tekan Angka Pengangguran, Menparekraf Usul Pelatihan Diperkuat Bagi Anak Muda

ILUSTRASI. Alcor Fest 2024


TINGKAT PENGANGGURAN - JAKARTA. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 mencatat hampir 10 juta kalangan muda berusia 15-24 tahun menganggur. Mereka masuk dalam kategori tanpa kegiatan atau youth Not in Education, Employment, and Training (NEET).

Untuk mengatasi hal tersebut,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan harus ada solusi konkret  mempersiapkan generasi emas untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

“Caranya, lewat adaptasi dan inovasi seiring dengan pesatnya perubahan teknologi saat ini,” kata Sandiaga Uno dalam keterangannya, Rabu (2/10).

Adapatasi itu diantaranya dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para Gen Z, melalui upskilling, reskilling, dan new skilling

Untuk itu, perlu dilakukan berbagai pelatihan. Lewat kegiatan itu maka diharapkan dapat membuka peluang usaha dan modal prakerja bagi kalangan muda.

Baca Juga: Pekerja yang Kena PHK Tembus 50.000 Orang

Demi mencegah angka pengangguran, antara vOffice, IZIN.co.id, investigasi, hellolive, Alcor Prime Group, Govokasi, Gekrafs dan sejumlah Universitas menggelar deklarasi bertajuk 'Synergy for Growth' pada perhelatan Alcor Fest 2024.

Dalam deklarasi tersebut juga dilakukan peluncuran HR&Co untuk mengentaskan angka pengangguran yang disaksikan oleh Menparekraf

"Kami berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan bisnis dengan solusi SDM terbaik. Kami siap menghadapi tantangan pasar dengan menawarkan inovasi dan kolaborasi," ungkap COO GOVOKASi, Anjelica Reisa. 

Sementara itu, Deputi CEO HR&Co, Stephen Sebastian, mengatakan pihaknya berupaya memberikan edukasi dan pembukaan lapangan pekerjaan. Dengan begitu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus pengentasan angka pengangguran di Indonesia.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Bayar 2,07 Juta Klaim JHT, Total Rp 31,71 Triliun

“Visi kami adalah meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global melalui SDM yang kompetitif dan berdampak di berbagai industri. Kami akan membantu bisnis menjadi lebih efisien dan efektif, memastikan manajemen talenta yang lebih baik melalui Solusi People Development," pungkas Stephen.

 

Selanjutnya: 7 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru