Terdampak banjir, perbaikan 2 jalur KA antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang rampung

Kamis, 25 Februari 2021 | 22:27 WIB Sumber: Kompas.com
Terdampak banjir, perbaikan 2 jalur KA antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang rampung

ILUSTRASI. Petugas memperbaiki rel kereta api yang rusak akibat banjir di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/2/2021).


KERETA API - JAKARTA. Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI) Jakarta Eva Chairunnisa menyatakan, dua jalur antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55+100 sampai KM 53+600 yang sebelumnya terdampak banjr Kabupaten Bekasi telah selesai diperbaiki, Kamis (25/2).

Sebelum diperbaiki, hanya satu jalur yang dapat beroperasi, sehingga kereta harus melaju secara bergantian. "Dengan selesainya perbaikan kedua jalur tersebut pada Kamis, maka kereta api yang melintas tidak lagi bergantian," kata Eva dalam keterangan tertulis, Kamis.

Untuk memperbaiki jalur tersebut, PT KAI mengerahkan sebanyak 200 pekerja. "Selain itu juga diturunkan beberapa alat berat milik PT KAI untuk mendukung proses percepatan penanganan," lanjut Eva.

Di samping itu, Eva menjelaskan bahwa seluruh pemberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen telah berjalan sesuai jadwal. "Secara total, terdapat 15 keberangkatan kereta api dari Daop 1 Jakarta," ungkap dia.

Baca Juga: KAI: Semua keberangkatan kereta api jarak jauh dari Jakarta sudah kembali normal

Lima belas keberangkatan tersebut, yakni delapan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan tujuh keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen. Bagi calon penumpang, Eva mengingatkan untuk memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi.

"Calon penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan," jelas Eva.

"Sementara, untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampel tes wajib diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," lanjutnya. Di samping itu, Eva menuturkan bahwa calon penumpang harus dalam kondisi sehat, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, menggunakan masker, dan mengenakan pelindung wajah (face shield) yang disediakan oleh PT KAI.

Calon penumpang juga harus mengikuti ketentuan jaga jarak fisik selama di stasiun dan di dalam kereta api. "Serta diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, dan selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik," lanjut Eva.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Terdampak Banjir Kabupaten Bekasi, 2 Jalur KA antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Selesai Diperbaiki.
Penulis: Sonya Teresa Debora
Editor: Nursita Sari

Baca Juga: Setelah keretaapi, GeNose bakal diterapkan pada transportasi laut dan udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru