Terdampak El Nino, Lautan Berlian Bangun Infrastruktur Sanitasi Untuk Warga Wonogiri

Rabu, 04 Oktober 2023 | 16:49 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Terdampak El Nino, Lautan Berlian Bangun Infrastruktur Sanitasi Untuk Warga Wonogiri

Kekeringan telah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Warga Dusun Ngandong Rejo Songbledeg menerima bantuan air bersih dari Lautan Berlian


KEKERINGAN -  JAKARTA. Dampak musim kemarau yang panjang atau el nino sudah mulai terasa di sejumlah wilayah Indonesia. Salah satunya adalah kekeringan yang melanda Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Puncak musim kemarau yang terjadi selama Agustus hingga September 2023 yang disertai El Nino menurut informasi BMKG, membuat 25 desa di tujuh kecamatan di Wonogiri terancam kekeringan menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Trias Budiono, menuturkan bahwa ada potensi kekeringan berat dan kemarau panjang di Wonogiri karena tahun ini kemarau disertai dengan El Nino.

Baca Juga: Ini 5 Kebiasan yang Salah saat Cuci Muka yang Perlu Anda Perbaiki

Mendasar dari hal tersebut, Lautan Berlian menggelar Aksi Nyata Membangun Jejak Baik untuk Indonesia pada 28-29 September 2023 yang diluncurkan oleh Lautan Berlian bersama komunitas Mitsubishi Pajero Club Indonesia, Jabodetabek Area Chapter (MPCI JAC) dan MPCI Peduli.

Pada kegiatan kali ini, Lautan Berlian berfokus pada pembangunan infrastruktur sanitasi dan penyediaan air bersih, dua hal yang menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat Wonogiri. Lautan Berlian memberikan donasi berupa pembangunan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) 2 unit serta pemasangan 2 toren dengan kapasitas 5100L. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Selain itu, Lautan Berlian juga memberikan bantuan air bersih sebanyak 600.000 Liter yang disalurkan melalui 100 tangki dan pembagian sembako yang dilakukan untuk 100 KK.

Baca Juga: Presiden RI Lakukan Pengisian Awal Bendungan Sepaku Semoi Karya Brantas Abipraya

Deden S Nugraha, perwakilan dari manajemen Lautan Berlian, menyatakan, pihaknya percaya bahwa akses terhadap sanitasi yang baik dan air bersih adalah hak dasar setiap individu. 

"Melalui 'Aksi Nyata Membangun Jejak Baik untuk Indonesia', kami berupaya untuk terus memberikan kontribusi positif dan mendukung kualitas hidup masyarakat di seluruh Indonesia," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (4/10).

“Kegiatan kepedulian akan terus kami laksanakan agar memberikan manfaat pada masyarakat dan juga mengajarkan pada keluarga MPCI, bahwa berbagi pada sesama adalah hal yang sangat menyenangkan.” Sambungnya.

Baca Juga: Dampak El Nino Mulai Terasa, Ini 3 Titah Presiden Jokowi ke Jajarannya

Sementara Ketua MPCI JAC, Munas Sidabutar menuturkan bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat di Desa Ngandongrejo karena daerah mereka termasuk yang terdampak El Nino atau kemarau panjang.

Kegiatan charity di Wonogiri ini juga menjadi bukti nyata dari visi dan misi Lautan Berlian yang tidak hanya fokus pada bisnis, namun juga berkomitmen untuk turut andil dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru