Ternyata Proyek KA Semi Cepat Jakarta-Surabaya yang Dicoret dari PSN

Jumat, 28 Juli 2023 | 05:38 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Ternyata Proyek KA Semi Cepat Jakarta-Surabaya yang Dicoret dari PSN

ILUSTRASI. Kemenhub membantah proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan dicoret dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).


PROYEK STRATEGIS NASIONAL - JAKARTA. Ternyata bukan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya yang diusulkan dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menerangkan, proyek yang diusulkan untuk dihapus dari daftar PSN adalah proyek kereta api (KA) semi cepat Jakarta-Surabaya.

"KA semi cepat diusulkan dikeluarkan dari PSN mengingat dalam PSN sudah ada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang akan diteruskan sampai Surabaya," jelas Adita pada Kontan.co.id, Kamis (27/7).

Adita menegaskan, proyek kereta Jakarta Surabaya yang dimaksud adalah proyek KA semi cepat. Proyek tersebut berbeda dengan kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan diteruskan sampai Surabaya.

Menurut Adita, salah satu alasan dicoretnya proyek KA semi cepat itu lantaran hingga saat ini pembangunan proyek masih belum dimulai dan memerlukan waktu yang cukup untuk pembangunannya.

"Kemenhub sudah mengusulkan ke Kemenko Perekonomian, kami juga tengah menunggu keputusan terkait hal ini," jelas Adita.

Baca Juga: Menko Airlangga: Ada 158 PSN Terealisasi, Terbanyak di Kementerian PUPR

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan pemerintah kemungkinan akan menyoret beberapa daftar PSN yang hinggs saat ini belum memulai pembangunan.

Salah satu yang sudah usulan yang diterima adalah pengahapusan proyek kereta Jakarta Surabaya dari PSN, karena dianggap memerlukan biaya yang besar dan pengerjaan proyek yang cukup lama.

Meski begitu, hal ini masih belum mendapatkan keputusan final karena masih akan di rapatkan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Ini Penyebab Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Dihapus dari Proyek Strategis Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru