kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45755,12   29,29   4.04%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tes Covid-19 makin gencar, siap-siap lonjakan kasus positif corona di Depok


Sabtu, 23 Mei 2020 / 06:53 WIB
Tes Covid-19 makin gencar, siap-siap lonjakan kasus positif corona di Depok
ILUSTRASI. Petugas Ahli Teknologi Laboratorium Medik melakukan Swab Test melalui mulut dan hidung di gedung Laboratorium Kesehatan Daerah, Depok, Jawa Barat, Senin (06/04). Pemerintah memberikan update jumlah kasus positif virus corona di Indonesia, dengan ada tamba

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - DEPOK. Wali Kota Depok Mohammad Idris mengaku pihaknya bakal menggencarkan tes Covid-19 selama beberapa waktu ke depan. Semakin banyak tes yang dilakukan, semakin besar kemungkinan pasien positif Covid-19 yang terjaring. 

"Kami terus melakukan strategi detect melalui pelaksanaan rapid test dan swab PCR, meskipun konsekuensinya akan terjadi penambahan kasus konfirmasi positif yang cukup signifikan setiap harinya," ujar Idris melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (22/5) malam. 

Baca Juga: Inovasi cek bansos Banyuwangi dipuji Mendagri Tito Karnavian, bagaimana sih kerjanya?

Idris beranggapan, semakin banyak tes yang dilakukan, maka data yang diperoleh dapat semakin menunjukkan kondisi riil di lapangan mengenai perkembangan kasus Covid-19. 

Data yang lebih aktual akan memengaruhi pengambilan kebijakan agar lebih akurat, lanjut dia, baik dalam hal pelacakan kontak hingga persiapan fasilitas kesehatan.  "Kami di Gugus Tugas dan mungkin juga elemen lain, program ini sangat penting karena untuk memetakan dan melakukan intervensi secara pasti," kata Idris. 

"Baik terhadap kasus konfirmasi positif yang belum terjaring maupun melakukan tindak lanjut tracing (pelacakan) mereka yang kontak erat hingga memfasilitasinya dengan isolasi dan perawatan di rumah sakit," imbuh dia. 

Hari Jumat, Pemerintah Kota Depok mencatat lonjakan kasus positif Covid-19 dalam sehari, yakni temuan 38 pasien positif hasil tindak lanjut rapid test massal. 

Baca Juga: Inilah imbauan Gubenur Anies Baswedan kepada warga Jakarta menjelang Lebaran 2020

Kini, total 481 warga Depok sudah dinyatakan positif Covid-19, 117 pasien dinyatakan sembuh, dan 24 lainnya meninggal dunia. Selain itu, tercatat kematian 68 pasien dalam pengawasan (PDP)/suspect tanpa terkonfirmasi positif atau negatif Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan RI sejak 18 Maret 2020. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tes Covid-19 Semakin Gencar, Siap-siap Lonjakan Kasus Positif di Depok"



TERBARU

[X]
×