Tingkatkan Kualitas SDM, Kementan Gelar Job Fair Polbangtan Malang 2022

Minggu, 07 Agustus 2022 | 15:36 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Tingkatkan Kualitas SDM, Kementan Gelar Job Fair Polbangtan Malang 2022

Sekitar 200 mahasiswa dan lulusan antusias mengikuti Job Fair di Lapangan Polbangtan Malang yang dibuka oleh Direktur Setya Budhi Udrayana didampingi Project Manager YESS Jatim, Acep Hariri


PERTANIAN -  MALANG. Dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian, Kementerian Pertanian mendorong generasi muda memanfaatkan peluang tersebut. Utamanya bagi lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan].

Hal itu terlihat pada Job Fair Polbangtan Malang 2022 di Malang, Jatim pada Sabtu [6/8] yang digelar  Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Serices (YESS).

Job Fair Polbangtan Malang 2022 disambut antusias para alumni dan  mahasiswa tersebut dibuka Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana didampingi Project Manager YESS, Acep Hariri.

Kegiatan Job Fair Polbangtan Malang 2022 tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada generasi milenial agar segera mengambil peranan dalam pembangunan pertanian, setelah terbukti banyak pemuda dan pemudi yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian.

Baca Juga: Kementerian PUPR Dukung Pengembangan Budidaya Jagung di Papua dan NTT

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pertanian membutuhkan SDM yang andal dan unggul. 

“Petani milenial harus siap menjadi pengusaha pertanian milenial yang kreatif, inovatif, profesional, berdaya saing dan tentunya mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin," katanya.

Menurut Dedi Nursyamsi, output dan tujuan pendidikan vokasi Kementan adalah menciptakan job seeker dan job creator, yaitu membentuk wirausaha muda pertanian dan SDM yang siap bekerja di dunia usaha industri pertanian.

"Pertanian ke depan harus maju, mandiri dan modern. Kuncinya pada kemampuan SDM pertanian. Pertanian bukan hanya tentang makan. Pertanian itu lapangan kerja. Pertanian itu bisnis besar," katanya lagi.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana menegaskan bahwa Polbangtan memiliki kewajiban untuk mencetak lulusan berkualifikasi andal dan kompetitif baik sebagai job seeker dan job creator maupun wirausahawan muda pertanian.

Baca Juga: Tahun 2023, Pemerintah akan Membuka 115.000 Hektare Lahan Sorgum

"Kampus sudah memberi ilmu pengetahuan, teknologi, dan pembangunan karakter selama empat tahun. Setelah lulus, tanggung jawab kalian adalah mengembangkan itu semua menjadi diri kalian sendiri. Jaga nama baikmu, jaga nama baik keluargamu, jaga nama baik almamatermu," kata Setya BU yang akrab disapa Uud.

Ketua Pelaksana Job Fair Polbangtan Malang 2022, Acep Hariri melaporkan bahwa Job Fair tersebut diikuti oleh sebelas perusahaan swasta. Sasarannya adalah para alumni dan mahasiswa Polbangtan Malang ini merupakan salah satu wadah untuk mempertemukan job seeker dengan perusahaan swasta.

Ke-11 perusahaan dimaksud antara lain PT Medion Bandung, PT Tiara Kurnia, PT Triputra Group, PT Chickin Indonesia, PT Catur Mulia Mandiri, CV Aura Seed Indonesia, PT Suci Raharjo, PT Sentra Gemilang, PT Semesta Mitra Sejahtera, Mutiara Pratama Gakkou, dan PT Petra Corp.

Baca Juga: Kurangi Gandum, Proyek Sorgum di 269.00 Ha Digelar

"Dari job fair ini terdapat lebih dari 200 pelamar yang datang langsung ke lokasi job fair di Lapangan Polbangtan Malang," kata Acep Hariri.

Menurutnya, kegiatan Job Fair Polbangtgan Malang 2022 mempertemukan juga para pencari kerja dengan para wirausahawan sukses, dengan harapan menjadi contoh dan tumbuh keinginan agar bisa menjadi seorang wirausaha. 

"Hal itu sesuai komitmen Polbangtan Malang yaitu menjadikan lulusannya sebagai qualified job seeker dan qualified job creator," kata Acep Hariri, Project Manager YESS Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru