Tingkatkan Penanaman Bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai

Kamis, 29 Agustus 2024 | 23:32 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Tingkatkan Penanaman Bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai

ILUSTRASI. QNET bersama Kodim 1611/Badung dan LPMD Denpasar menanam Penanaman Pohon Mangrove jenis Ryzovora Mucronata di Balai kelompok Nelayan Batu Lumbang Areal Hutan Mangrove Ngurah Rai Desa Pemogan Kec. Densel Kota Denpasar, Bali.


LINGKUNGAN HIDUP -  JAKARTA.  Kodim 1611/Badung bersama QNET, perusahaan direct selling, dan LPMD Denpasar melanjutkan upaya konservasi lingkungan dengan menanam pohon bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Denpasar. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem mangrove dan dilakukan dalam rangka program "Bersatu dengan Alam untuk Indonesia Hijau dan Bina Lingkungan Hidup 2024".

Mengutip siaran pers, QNET, Kamis (29/8). acara ini dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 1611/Badung, Letkol Czi Aditya Triwirawan, mewakili Dandim 1611/Badung, Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan. Sekitar 100 peserta turut ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung di kawasan Hutan Mangrove Ngurah Rai, Desa Pemogan, Denpasar. 

Baca Juga: Grup MIND ID Jalankan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Wilayah Operasional

Penanaman pohon mangrove jenis *Rhizophora mucronata* dimulai secara simbolis oleh perwakilan dari Kodim, QNET, serta LPMD Kota Denpasar, kemudian dilanjutkan dengan penanaman bersama di sepanjang aliran sungai menuju laut menggunakan kano.

Dalam sambutannya, Letkol Czi Aditya Triwirawan menekankan pentingnya mangrove sebagai habitat bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. 

Selain itu, mangrove juga memiliki nilai ekonomi, menyediakan kayu untuk bahan bangunan, arang, serta buah yang dapat diolah menjadi makanan dan minuman. 

Ia juga menggarisbawahi potensi hutan mangrove sebagai destinasi wisata alam, seperti yang terlihat di Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

Baca Juga: Kemenhub Siapkan Dua Rute Layanan Kapal Pinisi untuk Wisata ke IKN

"Kita harus bersatu dalam visi dan misi untuk melindungi, melestarikan, dan memanfaatkan mangrove. Kegiatan hari ini adalah langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya hutan bakau. Mari kita berkomitmen untuk menjaga hutan mangrove demi kesejahteraan laut," ujar Letkol Czi Aditya Triwirawan.

General Manager QNET Indonesia, Ganang Rindarko, menyampaikan bahwa QNET telah berkomitmen pada kelestarian lingkungan dan kegiatan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari upaya tersebut. 

"Selama tiga tahun terakhir, kami bersama Kodim Badung Bali telah menanam dan merawat bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai. QNET akan terus mendukung kegiatan ini untuk mewujudkan Bali yang hijau dan Indonesia yang lebih hijau," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru