Tinjau Kampung Jeruk di Kabupaten Karo, Jokowi Minta Mentan Dampingi Petani

Jumat, 04 Februari 2022 | 15:35 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Tinjau Kampung Jeruk di Kabupaten Karo, Jokowi Minta Mentan Dampingi Petani

ILUSTRASI.


AGRIBISNIS - JAKARTA. Dalam kunjungan kerja ke Sumatra Utara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga mengunjungi Kampung Jeruk Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kunjungan tersebut Jokowi meninjau langsung perbaikan infrastruktur jalan yang rusak dan melihat potensi pertanian jeruk di daerah tersebut.

Saat melihat hasil produksi jeruk di Kabupaten Karo, Jokowi sempat menelepon Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. Jokowi mendorong dua hal, yakni pendampingan bagi para petani dan pupuk.

"Saya dari Toba mampir sini untuk melihat jalan. Saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk menaikkan kualitas produksi, yang pertama. Kemudian yang kedua urusan pupuk ini lebih bagus kalau disini organik," ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Jumat (4/2).

Ia memandang, kawasan pertanian jeruk di Kabupaten Karo memiliki potensi yang sangat besar. Namun, masih perlu perbaikan-perbaikan di sejumlah hal mulai dari struktur biaya hingga penjenamaan.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Pentingnya Infrastruktur Jalan untuk Tunjang Kegiatan Produksi

"Memang perlu perbaikan-perbaikan, pertama untuk memperbaiki struktur biaya, kedua untuk memperbaiki kualitas, kemudian yang ketiga buat kemasan dan branding yang lebih baik. Saya kira kalau tiga itu dikerjakan ini jeruknya akan bagus sekali," jelasnya.

Kabupaten Karo sendiri diketahui merupakan salah satu sentra produksi komoditas jeruk. Selain dipasarkan di dalam negeri ke berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya, jeruk dari Kabupaten Karo juga telah merambah pasar luar negeri yakni Malaysia dan Singapura.

Sebelumnya, pada Senin, 6 Desember 2021 lalu, Presiden Jokowi menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas di Istana Merdeka, Jakarta untuk menyampaikan aspirasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru