TNI/Polri Cek Kesiapan Test Commissioning Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Minggu, 14 Mei 2023 | 17:26 WIB   Reporter: Venny Suryanto
TNI/Polri Cek Kesiapan Test Commissioning Kereta Cepat Jakarta-Bandung

ILUSTRASI. Pemasangan instalasi kabel listrik proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.


KERETA CEPAT - JAKARTA. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bersama Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Kodam Jaya, dan Kodam 3 Siliwangi melakukan pengecekan terkait faktor keamanan dan keselamatan di berbagai titik proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung mulai dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, pengecekan bersama tersebut untuk memitigasi dan mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang akan terjadi jelang pelaksanaan test commissioning.

“Melalui kegiatan tersebut berbagai titik rawan dan kesiapan pengamanan dipetakan. Tujuannya agar dapat segera dilakukan pencegahan dan peningkatan pengamanan bersama-sama sehingga pelaksanaan Test commissioning dapat berjalan lancar,” kata Rahadian dalam keterangan resminya, Minggu (14/5).

Pengecekan yang dilakukan meliputi kondisi rel KA Cepat, terowongan, titik jalur KCJB yang dekat dengan pemukiman, kesiapan peralatan dan petugas pengamanan, serta objek-objek lainnya yang berpotensi adanya gangguan keamanan dan keselamatan.

Baca Juga: KCIC Akan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selain dengan Polri dan TNI, pemeriksaan juga melibatkan kewilayahan setempat untuk mempercepat proses sosialisasi dan pencegahan gangguan keamanan yang dapat terjadi.

Rahadian menjelaskan, setelah adanya kegiatan tersebut, seluruh pihak yang terlibat dapat mulai melakukan perbaikan-perbaikan dan peningkatan pengamanan dalam rangka memastikan kesiapan Test Commissioning KCJB.

“KCIC berterima kasih kepada Kepolisian dan TNI yang sudah membantu KCIC dalam menyelesaikan proyek KCJB. Kolaborasi yang baik antar pihak ini diharapkan mampu membantu percepatan terwujudnya Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru