Tol Bocimi Kembali Difungsikan, Dibuka Satu Lajur dan Gratis

Sabtu, 13 April 2024 | 10:00 WIB Sumber: Kompas.com
Tol Bocimi Kembali Difungsikan, Dibuka Satu Lajur dan Gratis

ILUSTRASI. Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dibuka fungsional pada Kamis (11/4), setelah penanganan darurat longsor di Km 64+600 beres. KONTAN/Baihaki/20/03/2023


JALAN TOL - JAKARTA. Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dibuka fungsional pada Kamis (11/4), setelah penanganan darurat longsor di Km 64+600 beres. 

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan, ruas tersebut dapat difungsikan untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2024. 

Sesuai update informasi yang diterima dari Polres Sukabumi, arus dari arah Bogor-Cigombong-Cibadak menuju ke Sukabumi terpantau padat. 

"Rencana dibuka sekitar pukul 12.00 WIB mulai dari Pintu Cigombong (Km 60) ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (Km 72)-Sukabumi," kata Endra, dikutip dari keterangan resmi. 

Baca Juga: Puncak Arus Balik 14-15 April 2024, Pemudik Diimbau Atur Waktu Kepulangan

Dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur di Km 64+600 B yang dibuka fungsional untuk kendaraan golongan I. 

Akan diberlakukan sistem buka-tutup di ruas fungsional ini dengan jam operasional sesuai keputusan Polres Sukabumi, sekitar pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap hari.

"Kementerian PUPR bersama PT Trans Jabar Tol selaku BUJT tetap akan stand by di lapangan untuk memastikan layanan tol fungsional ini berjalan baik," lanjut Endra. 

Para pengguna jalan tol diimbau untuk berhati-hati dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Adapun saat ini, ruas fungsional tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis. 
"Pada masa mudik Lebaran, penggunaan seluruh ruas tol fungsional, termasuk Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak/Parungkuda tidak dipungut biaya," tuntas Endra.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Tol Bocimi Difungsikan Kembali, Dibuka Satu Lajur dan Gratis"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru