Peristiwa

Uang sejumlah nasabah bank di Cianjur raib, ini kronologinya

Selasa, 06 April 2021 | 14:27 WIB Sumber: Kompas.com
Uang sejumlah nasabah bank di Cianjur raib, ini kronologinya

ILUSTRASI. Petugas menunjukkan barang bukti kejahatan Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari berbagai bank saat rilis di Mapolres Tangerang Selatan, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (14/7).

KONTAN.CO.ID - CIANJUR. Sejumlah nasabah salah satu bank pelat merah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengaku kehilangan uang di tabungan. Mereka diduga menjadi korban kejahatan skimming. 

Nur merupakan satu di antara nasabah yang menjadi korban. Ia pun mendatangi kantor bank pelat merah itu, Senin (5/4) untuk melaporkan kejadian yang dia alami. 

Nur mengaku, saldo rekeningnya berkurang Rp 51,4 juta. Dari notifikasi yang dia terima, uangnya sebesar itu ditarik sebanyak dua kali. 

“Pertama ada penarikan Rp 50 juta, dan muncul notifikasi lagi ada penarikan Rp 1,4 juta,” kata Nur saat ditemui di bank, Senin. 

Nur menyebutkan, ketika menerima notifikasi penarikan di rekeningnya, ia hendak menarik uang. “Padahal, posisi ATM dan handphone (m-Banking) sedang saya pegang. Tapi, ada penarikan di tempat lain,” ujar dia. 

Baca Juga: Kisah teller bank curi uang tabungan nasabah Rp 1,3 miliar, begini modusnya

Dia pun langsung mengonfirmasi ke pihak bank melalui call center. “Katanya ada pendebetan. Padahal, saya tidak merasa mengambil segitu,” ucap Nur. 

Nasabah lain, Popy mengatakan, saldo di rekeningnya tiba-tiba berkurang Rp 5 juta. Padahal, ia merasa tidak pernah melakukan penarikan sebesar itu. 

Poppy berharap, ada penyelesaian segera dari pihak bank. “Tadi informasi dari CS (customer service), katanya harus nunggu 20 hari kerja. Kalau bisa ya penyelesaiannya bisa secepatnya. Uang saya kan harus berputar karena untuk usaha,” katanya.

Sementara manajemen bank saat dikonfirmasi wartawan belum bisa memberikan penjelasan terkait uang nasabah yang hilang tersebut. "Mohon maaf, saya takut salah bicara," kata salah seorang pegawai bank.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Uang Nasabah Bank di Cianjur Raib, ATM dan HP M-Banking di Tangan, tapi Saldo Tiba-tiba Berkurang Rp 51 Juta"

Penulis: Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman
Editor: Aprillia Ika

Selanjutnya: Cegah kejahatan perbankan, BCA minta nasabah pakai kartu ATM chip sebelum akhir 2021

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru