Upaya Kementan Ajak Pelajar Jatim Tekuni Agribisnis Lewat Kegiatan One Day

Sabtu, 08 Juni 2024 | 17:40 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya Kementan Ajak Pelajar Jatim Tekuni Agribisnis Lewat Kegiatan One Day

Wakil Direktur II Polbangtan Malang, Hamyana [tengah] meninjau stand-stand pada Open Day di Pacitan didampingi Kepala SMKN Pringkuku Pacitan, Hendri Subroto usai membuka?Open?Day.


PERTANIAN - JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengadakan kegiatan Open Day di SMKN Pringkuku, Pacitan, pada Kamis (6/6). 

Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan minat pelajar terhadap sektor pertanian guna menciptakan generasi petani muda di seluruh Indonesia demi mencapai swasembada pangan.

Open Day ini merupakan bagian dari upaya mendorong dan mendukung regenerasi pertanian, khususnya oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Program YESS di Jawa Timur. Kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang mendorong generasi muda untuk berperan aktif dalam memajukan pertanian Indonesia.

Baca Juga: Berpotensi Surplus, Persediaan Hewan Kurban untuk Idul Adha Capai 2,06 Juta Ekor

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, menekankan pentingnya peran petani muda dalam melanjutkan pembangunan sektor pertanian. Dedi menambahkan, Program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) bertujuan meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan agar menjadi agen pembangunan pertanian. 

Wakil Direktur II Polbangtan Malang, Hamyana, menjelaskan bahwa Program YESS yang dimulai sejak 2019 akan berlangsung hingga 2025. 

"Program ini memiliki beberapa komponen penting, termasuk peningkatan kompetensi melalui kegiatan seperti Open Day untuk memperkenalkan dunia pertanian kepada pelajar," katanya dalam keterangannya, Sabtu (8/6). 

Hamyana juga menambahkan, program ini menyediakan bimbingan guru BK dan magang bersertifikat, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Pemkab Dukung Polbangtan Kementan Kembangkan Petani Milenial Malang

Program YESS juga mencakup pelatihan model bisnis, literasi keuangan, dan motivasi bisnis. “Siswa bisa mengakses kegiatan Open Day melalui Mobilizer di masing-masing kecamatan, untuk terlibat aktif pada budidaya, pengolahan maupun pemasaran,” ujar Hamyana.

Pameran Open Day ini merupakan kolaborasi PPIU YESS Jawa Timur dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan Pemkab Pacitan. Kepala Dinas Pendidikan Pacitan, Indiyah Nurhayati, menyambut baik kolaborasi ini. 

"Dengan Program YESS, diharapkan melahirkan wirausahawan muda pertanian melalui anak-anak SMK di Pacitan,” katanya.

Baca Juga: Persediaan Hewan Kurban untuk Idul Adha 2,06 Juta Ekor, Mentan: Jumlahnya Cukup

Kepala SMKN Pringkuku, Hendri Subroto, juga mendukung kegiatan Open Day ini dan berharap Program YESS dapat berkolaborasi dengan sekolah-sekolah lain untuk membangun desa.

"Program YESS sangat bersinergi dengan kemajuan sekolah. Semoga bisa menjadi embrio bagi anak-anak milenial untuk kemajuan pertanian Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru