Upaya PNM Tingkatkan Kompentensi Nasabah Melalui Pelatihan

Minggu, 10 September 2023 | 22:09 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya PNM Tingkatkan Kompentensi Nasabah Melalui Pelatihan

UMKM Binaan PNM. Upaya PNM Tingkatkan Kompentensi Nasabah Melalui Pelatihan.


INDUSTRI PEMBIAYAAN -  JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas”. 

Pelatihan dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh 569 peserta, baik online maupun offline, yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar (Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer) dari Jambi melalui siaran persnya di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Community Leaders merupakan sosok pendamping nasabah PNM Mekaar, yaitu pemimpin komunitas yang membantu nasabah dengan pendampingan dan pelatihan sederhana di grup/kelompok agar usaha mereka dapat berkembang. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali insan PNM agar bisa menjangkau masyarakat prasejahtera di Indonesia.

Baca Juga: Dampingi Nasabah, PNM Beri Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi Karyawan

PNM berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada 14,7 juta nasabah dengan meningkatkan literasi keuangan dan pendampingan usaha. Pelatihan serupa juga akan diselenggarakan secara nasional.

Dalam ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, dikutip pada Jumat (8/9/2023), disebutkan bahwa "Holding Ultra Mikro, yang melibatkan Pegadaian dan PNM, didirikan pada 2021. Pegadaian dikenal sebagai pemberi gadai terbesar di Indonesia, sementara PNM sebagai salah satu pemimpin dalam pinjaman berbasis kelompok.

Sejak berdiri, Holding Ultra Mikro telah mendanai dan mendampingi 36,1 juta usaha mikro dan ultra mikro. Dari angka tersebut, 14,7 juta adalah perempuan pelaku usaha ultra mikro yang mendapatkan pendampingan melalui Mekaar dari PNM.

PNM berfokus pada pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan untuk meningkatkan kesejahteraan, terutama yang berdampak positif pada pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Selain memberikan modal finansial, PNM juga aktif memberikan edukasi, tidak hanya kepada nasabah tetapi juga kepada karyawannya, agar bisa memberikan literasi keuangan, pelatihan usaha, dan program lain yang memberi nilai tambah.

Baca Juga: PNM Bagikan Kisah Nasabah yang Diberangkatkan Umrah

Mulyadi, Direktur Utama PNM, menekankan pentingnya meningkatkan keterampilan karyawan PNM untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Dia berharap PNM dapat lebih banyak membantu nasabah agar bisa naik kelas, meningkatkan jumlah nasabah yang sukses dalam usahanya dan menghindari jeratan pinjol, judi online, atau penipuan yang marak.

Karena usaha yang konsisten, jujur, disiplin, dan keras, banyak nasabah PNM yang telah berhasil, dari yang sebelumnya tidak memiliki usaha kini memiliki warung kelontong, bahkan ada yang sebelumnya tidak memiliki tabungan di bank, kini menjadi Agen Brilink BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru