Update corona, tiga pasar daerah di Jakarta ini tidak ditemukan corona

Kamis, 11 Juni 2020 | 16:58 WIB   Reporter: kompas.com
Update corona, tiga pasar daerah di Jakarta ini tidak ditemukan corona

ILUSTRASI. JAKARTA,08/06-RAPID TEST DI TEROWONGAN KENDAL. Warga mengikuti metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi atau rapid tes di terowongan Kendal,Stasiun Sudirman, Jakarta, Senin (08/06). Memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa transisi, pe


VIRUS CORONA - Jakarta. Update corona di Jakarta hingga 11 Juni 2020 terdapat 8.552 kasus positif COVID-19, bertambah 129 kasus dibandingkan sehari sebelumnya.

Meski jumlah kasus positif corona di Jakarta tersebut bertambah, Pemerintah Provinsi DKI memastikan tiga pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya masih bebas dari COVID-19.

Pelaku usaha di ketiga pasar sudah dilakukan rapid test dan swab test COVID-19.

Ketiga pasar adalah Pasar Ciracas, Pasar Palmeriam, dan Pasar Kelapa Gading, yang seluruhnya berada di kota administrasi Jakarta Timur.

"Jadi ada pasar yang sudah dites juga, seperti Ciracas, Palmeriam, dan Kelapa Gading, itu hasilnya negatif," kata Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin melalui siaran video conference, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: Update corona, inilah kabupaten di Jawa Tengah yang sudah bebas dari COVID-19

Arief menjelaskan bahwa hingga saat ini sudah 19 pasar di mana pedagangnya mengikuti tes kesehatan dengan rapid test dan swab test Covid-19.

Dari kegiatan tersebut terungkap bahwa dari 1.418 pedagang yang mengikuti tes kesehatan, ada 52 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

"Dari 19 pasar, itu yang sudah dites sebanyak 1.418 pedagang. Kemudian yang ditemukan hasilnya ada enam pasar (positif Covid-19). Totalnya terpapar sebanyak 52 orang (positif Covid-19). Selebihnya yang 10 pasar masih menunggu hasil, tiga pasar dinyatakan negatif dari pengecekan," ujar Arief.

Baca juga: Inilah cara mencegah lonjakan tagihan listrik

Adapun 52 pedagang yang dinyatakan positif Covid-19 itu tersebar di enam pasar, yakni di Pasar Lontar, Pasar Serdang, Pasar Rawasari, Pasar Cijantung, Pasar Perumnas Klender, dan Pasar Induk Kramat Jati.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) diketahui terdapat puluhan pedagang pasar di Jakarta positif Covid-19.
Puluhan pedagang itu terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan has swab test.

Pedagang yang positif Covid-19 itu, yakni yang berjualan di Pasar Perumnas Klender, Pasar Jatinegara, Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Serdang Kemayoran, Pasar Rawa Kerbau, dan Pasar Kedip. (Dean Pahrevi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perumda Pasar Jaya: Tiga Pasar di Jakarta Timur Negatif Covid-19",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru