Vaksinasi Covid-19 tahap 2, Dinkes DKI minta perkantoran siapkan tempat penyuntikan

Jumat, 19 Februari 2021 | 18:40 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Vaksinasi Covid-19 tahap 2, Dinkes DKI minta perkantoran siapkan tempat penyuntikan

ILUSTRASI. Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021).


VAKSIN CORONA - JAKARTA. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti meminta perkantoran menyiapkan tempat penyuntikan vaksin Covid-19 bagi para karyawan. Menurut Widyastuti, salah satu metode penyuntikan vaksin Covid-19 tahap kedua adalah  vaksinasi dilakukan di tempat kerja para petugas pelayanan publik.

"Kami mohon untuk ketua institusi membantu mengatur bekerja sama, mungkin bagian HRD atau biro umum atau kepegawaian untuk mengatur alur (tempat penyuntikan) empat meja berjalan dengan baik," ujar Widyastuti dalam sebuah video, Jumat (19/2).

Widyastuti menjelaskan, vaksinasi Covid-19 membutuhkan alur empat meja yang harus disiapkan setiap kali kegiatan vaksinasi dilaksanakan. "Meja pertama adalah registrasi, meja kedua adalah skrining atau penapisan, meja ketiga penyuntikan, meja keempat observasi dan diberikan kartu vaksinasinya," ujar Widyastuti.

Dia berharap jika penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 dilakukan di perkantoran atau institusi tertentu, Dinkes DKI Jakarta bisa mendapatkan fasilitas yang sama seperti yang disiapkan oleh PD Pasar Jaya saat penyuntikan para pedagang pasar Tanah Abang. PD Pasar Jaya, kata Widyastuti, sangat membantu kegiatan vaksinasi Covid-19 dengan mengkoordinir calon penerima vaksin dan menyiapkan fasilitas yang baik sehingga kegiatan vaksinasi berjalan lancar.

Baca Juga: Kemenag validasi 158.000 jemaah haji untuk vaksinasi Covid-19

"Sehingga tim kami datang dengan tugas kami untuk memberikan dari sisi kesehatan, sisi organizer itu betul-betul dibantu oleh PD Pasar Jaya," kata Widyastuti. Selain vaksinasi secara mobile dengan mendatangi perkantoran atau institusi, Widyastuti juga menjelaskan vaksinasi juga dilakukan di fasilitas kesehatan.

Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan sebayak 512 fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas, rumah sakit, dan klinik sebagai tempat vaksinasi Covid-19. "Sementara untuk vaksinator terdapat 1.600 vaksinator tersebar di 44 kecamatan," kata Widyastuti.

Berdasarkan data terbaru dari Dinkes DKI Jakarta jumlah penerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua per hari ini, Jumat, (19/2) sebanyak 3,5 juta orang. Vaksinasi Covid-19 tahap kedua menyasar lansia dan petugas pelayanan publik diawali dengan penyuntikan dosis pertama terhadap para pedagang pasar di Pasar Tanah Abang Rabu lalu dengan target 10.000 pedagang dalam waktu enam hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Vaksinasi Covid-19 Tahap 2, Dinkes DKI Minta Perkantoran Siapkan Tempat Penyuntikan.
Penulis: Singgih Wiryono
Editor: Egidius Patnistik

Baca Juga: Targetkan bebas pandemi pada 17 Agustus, simak langkah yang disiapkan Satgas Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru