Vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Surabaya dimulai

Selasa, 23 Februari 2021 | 15:33 WIB Sumber: Kompas.com
Vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Surabaya dimulai

ILUSTRASI. Petugas kesehatan menyuntikkan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia (lansia). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.


VAKSIN CORONA - SURABAYA. Seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Surabaya mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 perdana bagi warga lanjut usia (lansia) pada Selasa (23/2/2021). 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, untuk gelombang kedua ini, warga Surabaya yang berusia di atas 60 tahun dapat mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 di seluruh fasilitas kesehatan di Kota Pahlawan. "Untuk lansia, kami menargetkan 26.000-an orang (yang disuntik vaksin) untuk hari ini dan besok," kata Febria, saat dikonfirmasi, Selasa. 

Pada vaksinasi Covid-19 gelombang kedua ini, lanjut dia, Pemkot Surabaya mendapat jatah sebanyak 12.480 vial vaksin yang dikirim secara bertahap. 

Adapun vaksin yang sudah diterima baru sebanyak 4.500 vial vaksin. Untuk saat ini, ukuran vial vaksin lebih besar. Satu vial bisa digunakan untuk 10 sasaran. "Vaksinasi pertama di gelombang kedua ini menyasar 45.400 orang," ujar Feny, sapaan lekatnya. 

Feny menuturkan, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin bagi lansia, pihaknya telah memberi tahu seluruh perangkat RT dan RW di Kota Pahlawan. Pihaknya sudah menyosialisasikan pelaksanaan bagi lansia agar yang sudah terdata dan terverifikasi langsung mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan untuk disuntik vaksin.   

Baca Juga: Penderita Covid-19 yang mengalami gejala ringan bisa merasakan gejala hingga 6 bulan

"Karena kami sudah woro-woro, mereka pasti datang ke tempat (pelayanan kesehatan) yang sudah ditentukan," ujar Feny.  

Para lansia yang mendapat jatah vaksin bisa memilih tempat vaksinasi Covid-19 yang diinginkan. Selain di puskesmas, pelaksanaan vaksin bagi lansia bisa dilakukan di klinik dan rumah sakit. Namun, terkait pemilihan lokasi tersebut, tetap ada semacam pemberitahuan kepada RT/RW setempat.  

"Jadi, vaksin untuk tahap dua ini di bawah pantauan kepala puskesmas sesuai wilayahnya masing-masing," ujar Feny. Karena pendistribusian vaksin belum diterima seutuhnya, lanjut Feny, pelaksanaan vaksin bagi lansia akan dilakukan secara bertahap. 

Di samping itu, dinkes juga terus mendata dan memverifikasi lansia yang berhak mendapatkan vaksin di gelombang kedua ini. Ia memastikan nantinya seluruh lansia yang ada di Kota Pahlawan akan mendapat giliran untuk disuntik vaksin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Surabaya Dimulai, Sasar 45.400 Orang"

Selanjutnya: Pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru