Viral video Matahari terbit dari Utara di Jeneponto, begini penjelasan BMKG

Jumat, 18 Juni 2021 | 15:01 WIB Sumber: Kompas.com
Viral video Matahari terbit dari Utara di Jeneponto, begini penjelasan BMKG

ILUSTRASI. Matahari terbit di Pantai Tanjung Lesung, Banten. Viral video Matahari terbit dari Utara di Jeneponto, begini penjelasan BMKG. KONTAN/Cheppy A. Muchlis.


BMKG - MAKASSAR. Video Matahari terbit dari Utara di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, viral di media sosial. Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Agusmin H membenarkan kejadian tersebut. 

Tapi, dia menganggap, kejadian tersebut merupakan hal lumrah. “Itu (Matahari terbit dari Utara) yang menyebabkan perubahan cuaca, yakni adanya musim panas dan dingin,” katanya, Jumat (18/6).

Agusmin menjelaskan, fenomena matahari terbit dari Utara disebut gerakan semu matahari (GSM). "Saat itu terjadi, posisi Bumi miring sekitar 23 derajat," jelas dia.

"Rotasi Bumi mengelilingi Matahari yang tidak tegak lurus membuat belahan Utara banyak menerima sinar Matahari. Sebaliknya terjadi di Bumi Selatan,” ungkap Agusmin. 

Sebelumnya, video Matahari terbit dari Utara di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, viral di media sosial. Video berdurasi 3 menit 23 detik itu direkam oleh seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu Jeneponto. 

Baca Juga: Viral SMS gempa magnitudo 8,5 dan berpotensi tsunami, ini penjelasan BMKG

Dalam video tersebut, seorang guru mengatakan, Matahari yang terbit dari Utara merupakan suatu kejadian aneh dan baru pertama kali dilihatnya. 

“Melaporkan dari lokasi MAN Binamu. Sesuatu yang sangat aneh telah terjadi. Di mana matahari berada pada posisi di Utara pagi ini pada hari Kamis tanggal 17 Juni. Sekarang baru menjelang jam 8 Matahari sudah berada pada posisi Utara,” kata pria dalam video tersebut. 

Pria itu bersama guru lainnya menyaksikan Matahari terbit dari Utara. “Kami bersama teman-teman di Jeneponto menyaksikan langsung dengan mata kepala terjadi suatu keanehan," ujar dia.

"Sebelumnya saya belum pernah melihat, di mana kebiasaan Matahari pagi terbit di sebelah Timur. Ternyata, Matahari sudah berada pada posisi utara, tidak biasanya terjadi seperti itu,” imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto, Ini Penjelasan BMKG"

Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor: Dony Aprian

Selanjutnya: Viral foto diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, begini kata Lapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru