Wali Kota Depok larang ziarah kubur jelang lebaran karena wabah covid-19

Rabu, 20 Mei 2020 | 08:10 WIB Sumber: Kompas.com
Wali Kota Depok larang ziarah kubur jelang lebaran karena wabah covid-19

ILUSTRASI. Umat muslim melakukan ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta, Jumat (3/5). Menjelang bulan ramadan tiba, lokasi pemakaman mulai ramai dikunjungi peziarah?yang?mendoakan sanak saudaranya yang telah meninggal dunia. Ziarah makam su


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Wali Kota Depok Mohammad Idris melarang warganya melakukan ziarah kubur di tempat pemakaman umum. Ziarah kubur merupakan tradisi yang jamak dilakukan oleh warga menjelang hari raya, terutama Idul Fitri yang tahun ini akan jatuh pada 24-25 Mei 2020.

“Ziarah kubur di tempat pemakaman umum yang lazim dilaksanakan dalam menghadapi Idul Fitri dan saat Idul Fitri, untuk sementara ditiadakan,” kata Idris melalui keterangan tertulis kepada wartawan pada Selasa (19/5/2020) malam.

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Depok didominasi usia produktif, begini sebarannya

Ziarah kubur tahun ini dilarang sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang saat ini masih merebak di Depok.

"Ini untuk menghindari adanya kerumunan yang berpotensi menyebabkan terjadinya penularan (Covid-19)," lanjut Idris.

Sebagai informasi sejak Senin (18/5/2020), Idris mengumumkan bahwa 62 dari 63 kelurahan di Kota Depok sudah mencatat kasus positif Covid-19. Selain itu, seluruh wilayah Kota Depok sudah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Virus corona disebut tak akan hilang meski ada vaksin, ini penjelasannya

Data terbaru per Selasa, total sudah 431 warga Depok yang dinyatakan positif Covid-19, 102 di antaranya dinyatakan sembuh.

Namun, Kota Depok mencatat total 89 kematian yang berkaitan dengan Covid-19, yakni korban meninggal berstatus positif Covid-19 sebanyak 21 orang dan korban meninggal berstatus suspect (diduga terjangkit) Covid-19 sebanyak 68 orang. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pandemi Covid-19, Wali Kota Depok Larang Warganya Ziarah Kubur Jelang Idul Fitri",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru