Wali Kota Tangerang: Hasil survei, kemungkinan sekitar 50.000 warga terpapar corona

Senin, 14 September 2020 | 15:31 WIB Sumber: Kompas.com
Wali Kota Tangerang: Hasil survei, kemungkinan sekitar 50.000 warga terpapar corona

ILUSTRASI. Sejumlah tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran shift di rumah sakit rujukan COVID-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (13/7/2020). Kementerian Kesehatan menyebutkan per 8 Juli 2020, dari total anggaran insenti


VIRUS CORONA - TANGERANG. Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, kemungkinan ada 2,3% warga di Kota Tangerang yang sudah terpapar Covid-19. Persentase tersebut sama dengan 50.261 orang dari jumlah penduduk di Kota Tangerang sebesar 2.185.304 (data BPS 2018). 

Arief mengatakan, angka tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tangerang dengan FKM UI dengan sampel 3.000 masyarakat di Kota Tangerang.  "Hasilnya 2,3% warga di Kota Tangerang terpapar dari hasil survei itu," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/9). 

Dia menambahkan, hasil survei tersebut menyimpulkan banyak dari masyarakat terpapar Covid-19 di Kota Tangerang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). "Hasil survei kemarin itu mengatakan bahwa yang banyak OTG," tutur dia. 

Baca Juga: Jakarta PSBB, Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) tutup kawasan wisata

Hasil survei yang dilakukan Dinkes Koa Tangerang tersebut, lanjut Arief, menggunakan metode sero survei dengan 3.000 responden dan dikonversikan dengan jumlah penduduk dan jumlah RW. 

Dengan hasil yang mengejutkan tersebut, Arief berharap bisa melakukan pemetaan agar wilayah yang dinilai berpotensi besar menyebarkan Covid-19 bisa dilakukan pengawasan lebih ketat. "Artinya dengan pemetaan yang dilakukan seperti itu, kita memang harus meningkatkan pengawasan," kata dia. 

Data terbaru dari situs resmi pemerintahan Kota Tangerang, kasus Covid-19 terkonfirmasi sejumlah 1.042 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 821 pasien sembuh, 54 pasien meninggal dunia, dan 167 pasien dalam perawatan. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wali Kota: Hasil Survei, Kemungkinan 50.000-an Warga Tangerang Terpapar Covid-19"

 

Selanjutnya: Jakarta PSBB lagi, Kemenhub pastikan penumpang pesawat tak perlu SIKM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru