Wamendag Optimistis Harga Minyak Goreng Curah akan Sesuai HET

Minggu, 10 Juli 2022 | 14:22 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Wamendag Optimistis Harga Minyak Goreng Curah akan Sesuai HET

ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Wamendag Jerry Sambuaga melayani warga yang membeli minyak goreng kemasan, saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat MinyaKita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).


MINYAK GORENG -  JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga optimistis harga minyak goreng curah akan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Pak Zulkifli, Mendag baru sudah ingin segera mencapai target minyak goreng curah di seluruh daerah di Indonesia sesuai dengan HET yang telah ditetapkan, yaitu Rp 14.000 per liter. Tentu kami di Kementerian Perdagangan akan dukung penuh langkah beliau agar segera terealisasi.” kata Jerry dalam keterangannya akhir pekan lalu.

Jerry mengatakan hal tersebut merespons pernyataan seorang pedagang di Pasar Bulu, Kota Semarang, Jawa Tengah yang mengatakan bahwa pasokan minyak goreng curah sudah lancar di lapaknya. Selain itu, harga minyak goreng curah juga sudah turun di level Rp 15.000 per kilogram (kg) dan Rp 14.000 per liter.

Baca Juga: Wamendag Jerry Sambuaga Raih Gelar Doctor Honoris Causa dari Tongmyong University

Menurut Jerry, Zulkifli ingin memastikan bahwa seluruh sumber daya dikerahkan untuk merealisasikan program pemerintah soal minyak goreng curah. Bukan hanya menata mata rantai pasokan, tetapi juga memastikan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua stake holder, khususnya para pengusaha dan distributor.

“Dengan berbagai cara, demi masyarakat, Mendag menekankan bahwa kita semua harus berjuang mengerahkan semua sumber daya,” terang Wamendag.

Minyak goreng menyita perhatian publik beberapa bulan belakangan ini. Sebabnya adalah lonjakan harga di tingkat internasional yang mempengaruhi harga dan rantai pasokan di dalam negeri. 

Berbagai kebijakan telah diluncurkan Pemerintah. Hasilnya, perlahan-lahan harga dan pasokan minyak goreng curah relatif lancar dan harganya sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

Baca Juga: Menuju Ekonomi 4.0, Kemendag Gerakkan Digitalisasi Metrologi Perlindungan Konsumen

Kemendag sendiri diketahui sudah menjalin koordinasi dan sinergi dengan lembaga maupun kementerian terkait. Pada era Zulkifli Hasan, kebijakan dan koordinasi itu ditegaskan kembali. 

Sejak hari pertama menjabat Zulkifli menegaskan perlunya kesinambungan komunikasi dan koordinasi agar masyarakat di seluruh Indonesia bisa menikmati harga minyak goreng sesuai kebijakan Pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru