Warga Ketapang yang batuk pilek sepulang dari Jepang sempat diisolasi

Selasa, 11 Februari 2020 | 21:53 WIB Sumber: Kompas.com
Warga Ketapang yang batuk pilek sepulang dari Jepang sempat diisolasi

ILUSTRASI. Seorang perempuan mengenakan masker di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 February 2020.


VIRUS CORONA - KETAPANG. Rumah Sakit Umum Daerah Agoesdjam Ketapang, Kalimantan Barat, mengakui sempat ada pasien yang diisolasi karena pilek dan batuk setelah pulang dari Jepang. Isolasi itu dimulai pada Senin (10/2), setelah pasien itu melewati pemeriksaan di bandara.

“Pasien ini mengalami batuk, pilek dan sedikit demam ketika pulang ke Indonesia, kemudian dari airport diberi kartu Health Alert Card yang digunakan untuk mengecek kondisi ketika sampai di rumah sakit setempat,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Agoesdjam Ketapang Feria Kowira saat dikonfirmasi, Selasa (11/2).

Baca Juga: Menaker imbau pekerja migran di Singapura tidak panik terkait virus corona

Feria mengatakan, isolasi dilakukan karena RSUD Agoesdjam mengikuti prosedur dari Kementerian Kesehatan soal pasien sakit setelah pulang dari negara-negara yang sudah ada orang positif terinfeksi virus corona. “Sempat di isolasi selama kurang lebih 4-5 jam sambil dilakukan pemeriksaan penunjang terhadap pasien. Kita juga langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Ketapang dan Provinsi Kalbar,” kata Feria.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien tersebut dinyatakan negatif dari pneumonia yang merupakan gejala orang terinfeksi corona. Namun, pasien itu tetap mendapatkan pengawasan dari Dinas Kesehatan Ketapang selama 14 hari.

Baca Juga: Menkes: Belum ada virus corona terdeteksi harusnya bersyukur

“Kami imbau masyarakat untuk tidak menyebarluaskan informasi yang tidak benar atau hoax terkait persoalan ini. Karena sampai sejauh ini tidak ada pasien suspect corona di Ketapang, dan kami siap melakukan penanganan sesuai prosedur yang ada,” tegasnya. (Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Warga Ketapang Pilek dan Batuk Sepulang dari Jepang, Sempat Diisolasi tapi Sudah Dipulangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru