Waspadai Gelombang Tinggi Mencapai 6 Meter di Natuna hingga 20 Desember

Sabtu, 17 Desember 2022 | 19:18 WIB Sumber: Kompas.com
Waspadai Gelombang Tinggi Mencapai 6 Meter di Natuna hingga 20 Desember

ILUSTRASI. Tinggi gelombang laut Natuna saat ini hingga tiga hari ke depan Selasa (20/12), mencapai empat meter hingga enam meter.


CUACA EKSTREM - NATUNA. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) meminta agar masyarakat Kabupaten Natuna dan sekitarnya, baik pelaku jasa transportasi maupun nelayan untuk selalu berhati-hati dan waspada untuk melakukan aktivitas di Laut.

Hal ini dikarenakan tinggi gelombang laut Natuna saat ini hingga tiga hari ke depan Selasa (20/12), mencapai empat meter hingga enam meter atau masuk kategori sangat tinggi. Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak BMKG Supadio Risa Yurisman mengatakan, dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG, terungkap adanya daerah pertemuan angin (konfluensi) di wilayah Kepri, sehingga mampu menambah potensi pertumbuhan awan-awan hujan.

“Bahkan diperkirakan akan terjadi hujan yang disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah Natuna,” kata Risa melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/12).

Dia juga meminta agar pelaku jasa transportasi, nelayan, dan masyarakat yang tinggal sekitar pesisir laut untuk selalu mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan angin lebih dari 30 knots di Laut Natuna Utara yang dapat meningkatkan tinggi gelombang di perairan tersebut dan sekitarnya.

Baca Juga: Inilah Salah Satu Wilayah di Jakarta yang Aman dari Bencana

“Kondisi Sinoptik Pola angin di atas wilayah perairan Laut Natuna Utara umumnya bertiup dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar antara dua sampai 30 knots atau satu sampai tujuh skala beaufort,” ujar Risa.

Senada juga ditambahkan Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Hang Nadim Noah Ginting, yang meminta agar masyarakat Kepri untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di wilayah Natuna dan Anambas pada siang hingga malam hari.

“Kami juga meminta masyarakat waspada gelombang tinggi yang dapat mencapai ketinggian dua meteran di wilayah perairan Tanjungpinang dan Bintan dan tiga meteran di wilayah perairan Anambas,” kata Noah.

Untuk perairan Laut Natuna, tinggi gelombang saat ini sudah mencapai lima meter hingga enam meter. Noah juga meminta waspada terhadap masyarakat yang tinggal di pesisir pulau yang ada di wilayah perairan Kabupaten Natuna dan perairan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Waspada, Gelombang Tinggi Capai 6 Meter di Natuna hingga 20 Desember.
Penulis: Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor: Gloria Setyvani Putri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru