CLOSE [X]

Wisuda prajurit taruna Akademi TNI, Enzo Z Allie jadi bintang

Jumat, 01 November 2019 | 06:33 WIB   Reporter: kompas.com
Wisuda prajurit taruna Akademi TNI, Enzo Z Allie jadi bintang

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - MAGELANG. Enzo Z Allie menjadi prajurit taruna paling "dicari" pada acara wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Dua Taruna Akademi Kepolisian di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil) Magelang, Kamis (31/10/2019).

Sejumlah warga yang mayoritas keluarga atau kerabat wisudawan saling bergantian meminta foto bersama pemuda keturunan Perancis itu. Meski Enzo masih berdiri tegap sempurna karena orangtuanya sendiri belum menghampirinya.

"Enzo, minta foto bareng ya," ucap seorang pria berseragam TNI.

Baca Juga: Gara-gara Pam Swakarsa Kivlan gugat Wiranto, Enzo Zenz Allie tetap aman di Akmil

Di sela-sela itu, Enzo masih bersedia menjawab pertanyaan awak media meski singkat. "Siap. Saya bahagia," kata Enzo saat ditanya perasaannya karena akhirnya diwisuda setelah tiga bulan menjalani pendidikan di Resimen Candradimuka Akmil.

"Siap. Tentu Kangen. Tapi saya harus sabar karena Insya Allah saya sampai hari H ini (wisuda)," lanjut Enzo.

Tidak berselang lama seorang wanita berkebaya abu-abu dan berjilbab menghampirinya lalu memeluk Enzo dengan hangat. Begitu pula Enzo yang menyambut pelukan wanita yang tak lain sang Ibunda.

Suasana berubah jadi haru. Beberapa kerabat Enzo tak kuasa menahan air mata. Di antara para wisudawan Enzo memang terlihat menonjol.

Baca Juga: Mbah Moen berpulang, Enzo taruna bule yang jago mengaji

Selain karena parasnya yang "bule", ia juga sempat memimpin teman-temannya bernyanyi lagu penyemangat prajurit.

Enzo Z Allie sempat menjadi perbincangan publik setelah videonya saat berdialog dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto viral di dunia maya. Dalam video itu, Enzo mengungkapkan cita-citanya menjadi prajurit TNI meski ayahnya warga negara Perancis.

Tidak sampai di situ, keinginan Enzo menjadi prajurit TNI menuai kontroversi setelah ia dan ibunya diduga menjadi pendukung salah satu organisasi yang dilarang pemerintah.

Untuk diketahui, pada acara wisuda itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mewisuda sebanyak 596 Prajurit Taruna Akademi TNI dan 264 Bhayangkara Dua Taruna Akademi Kepolisian Tahun 2019. Mereka dinyatakan lulus setelah menempuh pendidikan dan digembleng sejak tiga bulan lalu di Akmil Magelang.

Adapun wisudawan terbaik diraih oleh Pratar Jonathan Kevin Maulita Simanjuntak (Akmil), Pratar Evan Gerard Imanuel Boantua (AAL) dan  Pratar Jakaromandan (AAU) dan Bharatar Suryo Bimantoro (Akpol).

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru