Wow! Pemerintah Bakal Bangun Jalan Tol 18 Km, Rutenya Caringin-Cisarua-Gunung Mas

Jumat, 17 Juni 2022 | 09:38 WIB Sumber: Kompas.com
Wow! Pemerintah Bakal Bangun Jalan Tol 18 Km, Rutenya Caringin-Cisarua-Gunung Mas

ILUSTRASI. Pemerintah sedang menyusun rencana untuk membangun jalan tol guna mengurai kemacetan di Puncak. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kawasan Puncak, Jawa Barat, kerap macet karena menjadi salah satu destinasi favorit di Tanah Air. Demi mengatasi hal tersebut, Pemerintah sedang menyusun rencana untuk membangun jalan tol guna mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Puncak, Kabupaten Bogor. 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian mengatakan, terdapat tiga solusi yang dinilai dapat mengurangi kemacetan di jalur Puncak. Mulai dari pelebaran jalan, penataan simpang, serta pembangunan jalan tol Puncak. 

Akan tetapi, pembangunan jalan tol dari Caringin menuju Puncak dianggap solusi yang paling memungkinkan. Sebab, pelebaran jalan juga terkendala lahan yang sangat mahal. 

Rencananya, jalan bebas hambatan berbayar itu akan membentang sepanjang 18 kilometer dengan rute Caringin-Cisarua-Gunung Mas. Pihaknya kini sedang membuat alternatif perencanaan hingga model bisnisnya, atau dalam proses pra-feasibility study (FS). 

“Nantinya akan melihat kelayakan finansial seperti apa, serta model investasi juga harus dikedepankan,” ujar Hedy, dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/6/2022). 

Sementara itu, Sekretaris BPJT Triono Junoasmono berharap rencana pembangunan Jalan Tol Caringin-Cianjur membuat kemacetan sepanjang 18 kilometer di wilayah Puncak bisa jauh berkurang. 

Baca Juga: BUMN Ajukan Tambahan Modal, Hutama Karya Minta Disuntik Rp 30 Triliun

“Kalau ini bisa didukung, kita bisa melaksanakan proses Amdal dan FS pada 2023, kemudian pengadaan tanah pada tahun 2024, dan konstruksi bisa dimulai tahun 2026,” katanya. 

Ia berharap nantinya ada pemrakarsa yang menyambut rencana pembangunan jalan di tol Puncak agar prosesnya bisa lebih cepat. 

Adapun ketua rombongan Komisi V DPR RI Lasarus menyepakati apabila solusi satu-satunya untuk mengatasi kemacetan di Puncak adalah membangun jalan tol. 

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Bakal Menangguk Cuan dari Keramaian Jalan Tol

“Kita mesti bangun jalan tol mulai dari Caringin-Cisarua-Gunung Mas. Kita berharap ini bisa dimulai prosesnya pada 2022 dan segera difungsikan,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Macet di Puncak, Pemerintah Berniat Bangun Jalan Tol"
Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Agung Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru