Wow, Setu Babakan akan jadi percontohan Wwisata halal di Jakarta

Kamis, 22 Maret 2018 | 14:57 WIB Sumber: Kompas.com
Wow, Setu Babakan akan jadi percontohan Wwisata halal di Jakarta

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan menyambut baik rencana kawasan PBB Setu Babakan menjadi percontohan destinasi wisata halal di Jakarta.

Kepala Subbagian Tata Usaha UPK PBB Setu Babakan Syaiful Amri mengatakan, pihaknya akan menyiapkan berbagai fasilitas dan kegiatan untuk merealisasikan wisata halal tersebut. Salah satunya zona kuliner.

"Nanti kami akan bangun yang namanya zona kuliner di zona B. Nanti akan kami siapkan di situ untuk wisata halalnya," ujar Syaiful kepada Kompas.com di PBB Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (22/3).

Ia mengatakan, berbagai makanan khas Betawi yang akan dijajakan di zona kuliner dipastikan halal. Berbagai fasilitas di PBB Setu Babakan juga mendukung program wisata halal.

Ada dua masjid besar dan mushala bergaya Betawi di kawasan Setu Babakan yang dikelola UPK. Selain itu, ia menyebut, berbagai kegiatan kesenian yang digelar di PBB Setu Babakan juga mendukung program wisata halal.

"Semua kesenian kami halal, kan, berbau agama. Misalkan qasidah, marawis, (tari) japin, segala macam berbau agama. Lenong pun bawa-bawa agama," ucapnya.

Meski demikian, lanjutnya, belum ada pembahasan rencana menjadikan PBB Setu Babakan sebagai percontohan destinasi wisata halal. Namun, UPK PBB Setu Babakan tetap siap dengan program yang dicanangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno itu.

"Kalau kami memang ditugasin, artinya, kan, kami siap-siap aja, tetapi untuk pembicaraan lebih lanjutnya memang belum," kata Syaiful. Sebelumnya, Wagub Sandiaga beberapa kali memunculkan wacana pariwisata syariah atau halal di Jakarta. Ia menargetkan Jakarta bisa menjadi destinasi wisata halal pada 2020.

Ada beberapa lokasi di Jakarta yang diproyeksikan menjadi destinasi wisata halal, yaitu Kota Tua, Kepulauan Seribu, dan Setu Babakan. Sandiaga menyebut, Setu Babakan akan jadi percontohan destinasi wisata halal tersebut. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kawasan Setu Babakan Akan Jadi Percontohan Wisata Halal di Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru