50 Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Gunung Lewotobi NTT

Minggu, 05 Mei 2024 | 08:29 WIB Sumber: Kompas.com
50 Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Gunung Lewotobi NTT

ILUSTRASI. Luncuran lava pijar Gunung Lewotobi Laki-Laki terlihat dari Desa Nurri, Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (14/1/2024).


ERUPSI GUNUNG - FLORES TIMUR. Sebanyak 50 rumah warga terdampak banjir lahar Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (4/5).

Banjir terjadi setelah area puncak Gunung Lewotobi Laki-laki dan sekitarnya dilanda hujan deras sejak sore pukul 15.00 Wita. "Ada 50 lebih rumah di Dusun B, Desa Klatanlo, Kecamatan Wulanggitang yang terdampak banjir lahar dingin," ujar Kepala Desa Klatanlo, Petrus Muda Kurang, Sabtu malam.

Petrus menerangkan, Dusun B menjadi daerah langganan banjir setiap kali musim hujan. Bahkan, beberapa kali warga setempat terpaksa mengungsi ke kantor desa. Hanya saja, untuk kali ini banjir masih bisa diatasi, sehingga mereka tidak mengungsi.

Baca Juga: Flores Timur Tetapkan Status Pemulihan Bencana Erupsi Gunung Lewotobi

"Banjir memang masuk ke dalam rumah. Tetapi setelah saya koordinasi dengan warga terdampak, banjir masih bisa diatasi," kata dia.

Petrus mengimbau warga sekitar tetap waspada. Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi segera evakuasi ke lokasi yang aman. "Kami selalu berikan imbauan secara rutin, terlebih warga yang tinggal di daerah langganan banjir," ujar dia.

Hingga saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki berada level II atau waspada. Masyarakat sekitar diimbau mewaspadai potensi banjir lahar pada sungai-sungai yang berhulu di puncak jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Masyarakat juga diimbau tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi serta sektoral 3 kilometer pada arah utara, timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 50 Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Gunung Lewotobi NTT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru