Ribuan Warga Mengungsi Imbas Erupsi Gunung Ruang, Ada 12 Desa/Kelurahan Terdampak

Minggu, 21 April 2024 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ribuan Warga Mengungsi Imbas Erupsi Gunung Ruang, Ada 12 Desa/Kelurahan Terdampak

ILUSTRASI. Sebanyak 10 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro terdampak erupsi Gunung Ruang. ANTARA FOTO/HO PVMBG/adw/aww.


BENCANA ALAM - MANADO. Berdasarkan pendataan sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Sabtu (20/4) pukul 14.00 WIB, sebanyak 10 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro terdampak erupsi Gunung Ruang. 
Desa/kelurahan yang terdampak yakni Pumpente, Laingpatehi, Mahangiang, Tulusan Barangka Pehe, Apengsala, Lesah Rende, Pahiama, Boto, Leseh dan Kelurahaan Bahoi serta Kelurahan Balehumara. 

“Sementara itu empat kecamatan yang meliputi Likupang Barat, Wori, Likupang Timur dan Likupang Selatan di Kabupaten Minahasa Utara turut terdampak abu vulkanik dari aktivitas gunung api berjenis stratovolcano tersebut sejak Kamis (18/4),” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis dikutip, Sabtu malam. 

Saat ini ribuan warga yang terdampak meletusnya Gunung Raung telah mengungsi. Adapun rinciannya,  506 warga Desa Laingpatehi dan 332 warga Desa Pumpete. 

Baca Juga: Pembatalan Sementara Penerbangan Lion Group dari&ke Manado Karena Erupsi Gunung Ruang

Lalu sebanyak 679 warga Desa Tulusan mengungsi di Desa Batumawira, Desa Bira, Desa Buha dan Desa Kisihang yang berada di Kecamatan Tagulandang. 

Kemudian 83 warga Desa Barangka Pehe mengungsi di Gedung Gereja Yerussalem yang sudah memiliki dapur umum dan dikelola oleh warga jemaat sekitar. 

Sementara itu, 6.045 warga Desa Kelurahan Bahoi dan Kelurahan Balehumara mengungsi di Kecamatan Tagulandang Utara. 

“Jumlah total pengungsi hingga saat ini masih dalam proses pendataan,” jelasnya. 

Adapun jumlah pengungsi yang berada di Desa Lesah ada 31 warga pasien RSUD Batuline di lokasi Gereja Betel Paninteang. 

Pengungsi dari Desa Balehumara dan Bahoi sebanyak 60 warga mengungsi di rumah kerabat masing-masing. Kemudian ada 14 warga lainnya yang memilih mengungsi di Kota Manado. 

Kemudian sebanyak 28 warga Desa Pahiama, Kecamatan Tagulandang mengungsi secara mandiri di Siau. Lalu 32 warga memilih mengungsi di Kota Bitung dan Kota Manado. 

“Adapun jumlah total pengungsi di Kota Bitung ada kurang lebih 619 warga Kabupaten Sitaro yang mengungsi di Balai Kota Bitung. Beberapa di antaranya sudah berpindah ke rumah kerabatnya masing-masing,” ungkapnya. 

Baca Juga: Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Hingga 18 April 19.26 WITA

Sementara itu ada sebanyak 48 warga Kabupaten Sitaro yang mengungsi di Kabupaten Minahasa Utara. 

“Mereka memilih tinggal sementara di rumah kerabat masing-masing,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "12 Desa/Kelurahan Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Ribuan Warga Mengungsi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru