Flores Timur Tetapkan Status Pemulihan Bencana Erupsi Gunung Lewotobi

Jumat, 09 Februari 2024 | 10:20 WIB Sumber: Kompas.com
Flores Timur Tetapkan Status Pemulihan Bencana Erupsi Gunung Lewotobi

ILUSTRASI. Luncuran lava pijar Gunung Lewotobi Laki-Laki terlihat dari Desa Nurri, Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (14/1/2024).


BENCANA ALAM - JAKARTA. Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan status transisi darurat ke pemulihan bencana erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-laki hingga 14 Februari 2024.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Flores Timur, Avelina Manggota Hallan menjelaskan, penetapan status transisi darurat ke pemulihan bencana alam setelah mempertimbangkan eskalasi aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki.

"Saat status gunung Lewotobi Laki-laki naik dari level III siaga menjadi IV awas Pemkab menetapkan status tanggap darurat bencana hingga 7 Februari 2024," ujar Avelina kepada Kompas.com, Jumat (9/2).

"Tetapi karena aktivitas mulai menurun, Pemkab menetapkan status transisi darurat ke pemulihan bencana alam," tambahnya.

Baca Juga: Jumlah Pengungsi Erupsi Lewotobi Bertambah Jadi 6.536 Orang

Avelina menerangkan, status transisi darurat ini akan berlaku tujuh hari terhitung sejak 8 Februari-14 Februari 2024. Apabila masa transisi darurat ke pemulihan telah selesai atau terjadi peningkatan aktivitas gunung api Lewotobi Laki-laki dan memerlukan penanganan lebih lanjut, status dapat diperpanjang sesuai kebutuhan atau dapat dialihkan ke status tanggap darurat.

Avelina menambahkan, Pemkab Flores Timur terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait perkembangan aktivitas gunung tersebut.

Mempertimbangkan rekomendasi PVMBG, maka belum semua pengungsi yang dipulangkan ke rumah masing-masing. 

Baca Juga: Sering Batuk, 2 Gunung Ini Naik Status Jadi Awas dan Siaga

"Khusus pengungsi dari daerah zona merah atau sangat terdampak masih menetap di kamp pengungsian maupun rumah warga," pungkas dia.

Sebelumnya Dinas Kominfo Flores Timur menyebutkan, hingga Kamis (8/2) pukul 18.00 Wita, pengungsi yang pulang ke rumah sebanyak 3.270 orang. Sementara yang masih bertahan di lokasi pengungsian dan rumah warga sebanyak 894 orang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Flores Timur Tetapkan Status Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana Erupsi Gunung Lewotobi hingga 14 Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru