Bandung diterjang banjir bandang, kendaraan terbawa arus

Senin, 26 Oktober 2020 | 11:31 WIB Sumber: Kompas.com
Bandung diterjang banjir bandang, kendaraan terbawa arus

ILUSTRASI. Ilustrasi banjir di Bandung. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.


BANDUNG - BANDUNG. Pada Minggu (25/10/2020), kota Bandung Jawa Barat diguyur hujan deras. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah sungai di beberapa titik meluap dan mengakibatkan banjir bandang. 

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat, ada tiga titik wilayah yang sungainya meluap dan satu daerah yang longsor. 

Kasi Tanggap Darurat Diskar PB Kota Bandung, Robbie mengatakan, tiga daerah yang terdampak hujan deras ini yakni daerah Pagarsih, yang sempat terendam karena meluapnya Sungai Citepus. Selain itu, sungai Cilimus pun sempat meluap dan merendam jalan di Daerah Sukamulya. 

Bahkan beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang pengendara motor yang terbawa arus banjir luapan Sungai Cilimus di Jalan Sukamulya Indah, Kelurahan Sukamulya,   Kecamatan Sukajadi pada Minggu (25/10/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Hingga Minggu petang, sebanyak 20 RT di Jakarta masih tergenang banjir

Dalam video berdurasi 30 detik itu, pengendara tampak nekat melewati jalan yang sudah tertutupi banjir bandang. Pengendara itu pun jatuh terbawa arus bersama kendaraannya. Luapan sungai pun terjadi di daerah Sukaraja, dalam video yang beredar sebuah rumah terendam banjir hingga sampai atap. 

Robbie mengatakan bahwa kejadian tersebut memang terjadi akan tetapi rumah tersebut dibangun di cekungan tanah. "Rumah itu posisinya memang berada dibawah cekungan, sehingga air yang masuk kesitu merendam rumah tersebut," kata Robbie yabg dihubungi Kompas.com, Senin (26/10/2020). 

Baca Juga: Perumahan Vila Jatirasa Bekasi masih terendam banjir

Selain itu, longsor juga terjadi di Jalan Bukit Jarian, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Tak korban jiwa dalam kejadian ini karena lokasi longsoran tak mengenai perumahan warga. 

"Jadi kejadian kemarin itu ada tiga banjir luapan sungai di tiga daerah dan satu kejadian longsor," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Sungai Meluap, Kota Bandung Diterjang Banjir, Kendaraan Terbawa Arus"
Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Farid Assifa

 

Selanjutnya: 4 Wilayah di Tangerang ini rawan banjir, mana saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru