Elang Bondol, maskot Jakarta ditemukan terjatuh di Kali Grogol

Selasa, 08 Januari 2019 | 17:33 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Elang Bondol, maskot Jakarta ditemukan terjatuh di Kali Grogol


DKI JAKARTA - JAKARTA. Salah satu satwa langka dan dilindungi yakni burung elang bondol ditemui terjatuh di kali Grogol kecamatan penjaringan pagi ini, Selasa (8/1).

Ismail, petugas UPK (Unit Pengelola Kegiatan) Badan Air Jakarta Utara melalui sambungan telepon.

"Jadi sebenarnya penemuan burung itu jam 9 pagi. Saat penyisiran, tiba-tiba burung itu jatuh ke kali grogol," kata Ismail.

Ismail menyebutkan bahwa elang yang jatuh tersebut tidak mampu terbang tinggi. Namun ia tak tau penyebabnya.

Sejauh ini, elang dipelihara oleh salah seorang pekerja sembari menunggu arahan dari dinas terkait. "Elangnya masih ada dipelihara dan dirawat dahulu," jelasnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Penemuan Elang Bondol di saat tim UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Prov. DKI Jakarta melakukan penyisiran sampah di Kali Aliran Grogol Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. . Teman-teman taukah bahwa Elang Bondol merupakan maskot Jakarta? Elang Bondol memiliki makna dapat hidup dalam waktu yang sangat lama. Hewan ini juga memiliki habitat di Kepulauan Seribu. Elang Bondol melambangkan sikap ulet serta tangguh. Dalam kehidupannya, seekor elang bondol harus berubah dan kadang menyakiti dirinya untuk tetap bertahan hidup. Saat ini si Elang Bondol sedang diamankan oleh petugas tim UPK Badan Air. ߘŠ (08/01/2019) . . ߓ· Kali Aliran Grogol Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara . @dkijakarta @dinaslhdki @aniesbaswedan @isnawa_adji @djafar_muchlisin @yusiono @peduli.jakarta @infojkt24 @jakartamajubersama @tribunnews @detikcom @kompascom @metrotv @koransindo @tirtoid @kumparancom @netmediatama @info_betawi @jktinfo @popular_jakarta @tajukjakarta @jakarta.ku @beritajakarta @jakarta_terkini @liputan6 @tvrinasional @okezonecom @tempodotco @mediaindonesia @dkiinfo . #upkbadanair #dinaslhdki #pasukanorange #bersihbisakok #jakartabebassampah #jakartabebassampah2020 #welovejakarta #nomoresampahkali #kalijakartabersih

Sebuah kiriman dibagikan oleh UPK Badan Air DLH DKI (@upkbadanairdlhdki) pada

Ismail menyebut sejauh ini kondisi burung elang sehat. Pangannya juga tercukupi dengan bentuk daging yang merupakan pangan elang.

"Saat ini elang lagi dirawat, diamankan di dekat saringan kali Grogol, kami masih menunggu arahan dari dinas, setiap ada apa-apa harus laporan," ujarnya.

Sore ini, Ismail menjelaskan akan ada serah terima kepada tim Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta.

Elang Bondol merupakan maskot kota Jakarta, berdasarkan dari Keputusan Gubernur No. 1796 Tahun 1989 di era Ali Sadikin. Sedangkan di tahun 2018, elang bondol merupakan maskot Asian Para Games.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru