Hacker ganggu pendaftaran online SMA Jakarta

Kamis, 16 Juni 2016 | 13:28 WIB Sumber: Kompas.com
Hacker ganggu pendaftaran online SMA Jakarta


Jakarta. Situs pendaftaran peserta didik baru (PPDB) diretas. Hal itu membuat pendaftaran online untuk tingkat SMA sederajat mengalami kendala.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adriyanto mengakui situs PPDB diretas yang jumlahnya mencapai puluhan orang. "Server memang mengalami drop, karena lalu lintas terlalu padat. Selain itu juga karena ada serangan hacker," kata Sopan, saat dihubungi Kamis (16/6/2016).

Dinas Pendidikan telah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan (Kominfomas) DKI Jakarta untuk dapat memberikan cadangan server. "Kami sudah diskusikan dengan tim IT, dan koordinasi dengan Dinas Kominfomas untuk backup," imbuh dia.

Sopan meminta kepada masyarakat untuk tidak panik. Pihaknya akan segera memperbaiki situs PPDB online agar bisa segera diakses. Sehingga masyarakat bisa mendaftarkan putra-putrinya untuk masuk ke tingkat SMA sederajat.

"Kami juga tidak menyangka lalu lintasnya akan padat seperti ini. Tapi kami tidak boleh beralasan dan akan segera mengatasinya dengan mengajak berbagai pihak," tutur Sopian.

Solusinya, Disdik memperpanjang pendaftaran secara online. Pasalnya, bila sesuai jadwal, PPDB online dibuka selama dua hari yakni 15-16 Juni.

(Dennis Destryawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru