Jelang long weekend, ini persiapan Polda Metro

Rabu, 04 Mei 2016 | 10:59 WIB Sumber: Kompas.com
Jelang long weekend, ini persiapan Polda Metro


JAKARTA. Polda Metro Jaya menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan libur panjang pada 5 hingga 8 Mei 2016. Dalam apel yang digelar di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya dipimpin langsung oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Nandang Jumantara.

"Apel dimaksudkan untuk memberikan gambaran real dari personel yang akan ditugaskan, juga mengetahui kesiapan dan kondisi aktual dari sarana dan pra sarana yang digunakan dalam pengamanan kegiatan," ujarnya dalam apel pasukan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (4/5).

Dalam kesempatan tersebut, ada enam hal yang menjadi fokus perhatian dari Nandang. Pertama, ia mengimbau kepada jajarannya untuk menyebar personel di seluruh titik-titik yang potensi menimbulkan kerawanan dan kemacetan di jalan yang mengarah ke Cikampek, Jagorawi, Serang dan jalan di sekitar tempat wisata lain.

Kedua, ia mengimbau kepada Kepada jajaran polisi lalu lintas agar melakukan penyebaran personel di dalam tol dalam rangka meminimalisir kemacetan serta tidak boleh ada kendaraan parkir di bahu jalan.

Ketiga, Nandang menuturkan berkaitan dengan perayaan Isa Almasih dan Isra Miraj pada tanggal 5 dan 6 Mei, ia mengimbau kepada jajaran polres agar melakukan pengamanan terhadap tempat ibadah baik masjid maupun gereja di masing-masing wilayah.

Keempat, Nandang mengimbau agar jajarannya mengantisipasi penumpukan penumpang di terminal, stasiun dan bandara yang ada di wilayah masing-masing.

Kelima, Nandang memerintahkan kepada jajaran intelijen untuk mendeteksi dini dan selalu meng-update situasi, kondisi masyarakat dan selalu memonitor perkembangan sel jaringan terorisme.

Kemudian, yang terakhir, ia mengimbau kepada jajaran humas untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari jalur rawan kemacetan. Nandang menjelaskan pihaknya akan menerjunkan sebayak 6.295 personel gabungan untuk mengamankan libur panjang ini.

Adapun perincian para personel tersebut diantaranya ada 3.509 dari Polda Metro Jaya dan 2.400 personel dari jajaran Polres. "Selain itu Polda Metro Jaya juga akan di-back up 260 BKO Pemda DKI, Satpol PP 124 personel dan 124 BKO Jasa Marga," ucapnya. (Akhdi Martin Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru