Lion Air hentikan penerbangan ke Bangka Belitung akibat wabah virus corona

Rabu, 01 April 2020 | 13:16 WIB Sumber: Kompas.com
Lion Air hentikan penerbangan ke Bangka Belitung akibat wabah virus corona

ILUSTRASI. Lion Air hentikan penerbangan ke Bangka Belitung akibat wabah virus corona mulai 2 April 2020.


PENERBANGAN - PANGKAL PINANG. Pihak manajemen Maskapai Penerbangan Lion Air sepakat akan menghentikan rute penerbangan reguler ke Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, mulai Rabu, 2 April 2020. Selanjutnya, penerbangan akan mengikuti jadwal sesuai masa tanggap darurat pencegahan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Kesepakatan itu didapat dalam rapat koordinasi yang dilakukan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, bersama Ketua DPRD Kepulauan Babel Didit Srigusjaya, Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, pihak Angkasa Pura II Bandara Depati Amir dan Manajemen Lion Air, di kantor DPRD, Selasa (31/3/2020). 

Baca Juga: Maskapai Penerbangan Mulai Setop Penerbangan

Kepastian penghentian jadwal reguler Lion Air itu disampaikan Manajemen Pusat Lion Air, Daniel setelah Wagub Abdul Fatah, menghubunginya secara langsung via sambungan telepon. Pihak Lion Air sepakat akan menghentikan rute penerbangan reguler ke Bangka Belitung. 

Namun demikian pihaknya meminta kebijakan satu hari untuk jadwal penerbangan pada tanggal 1 April dikarenakan tiket yang terlanjur telah terjual ke masyarakat. Pihak Lion Air akan sepakat dengan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. 

Abdul Fatah menyampaikan pada pertemuan ini tadi telah kita dengarkan bersama komunikasi dengan Lion Air Pusat. Intinya adalah bahwa setelah tanggal dua pihak Lion Air akan mengikuti jadwal sebagaimana yang telah diatur oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. 

Baca Juga: Cegah penyebaran corona, mulai 1 April Bandara Soekarno-Hatta beroperasi terbatas

Menurut Abdul Fatah ini adalah langkah optimal untuk mencegah Covid-19. Wagub Abdul Fatah mengharapkan masyarakat Bangka Belitung bersama-sama menjaga provinsi ini. Mudah-mudahan dengan komitmen dan kerja sama dalam upaya penanganan Covid-19, Bangka Belitung dapat membersihkan virus ini. 

"Ini yang bisa kami putuskan hari ini, kami harap masyarakat Babel bisa bersama-sama menjaga Babel, terkait dengan pembatasan penerbangan dan pengaturan jadwal secara musyawarah diatur dengan pihak maskapai, dan secara tersurat akan ditindaklanjuti oleh Kepala Dishub Babel," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditelepon Wagub Saat Rapat, Lion Air Hentikan Penerbangan ke Bangka Belitung"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru