Pemda Natuna tegas menolak daerahnya jadi tempat isolasi WNI dari China

Sabtu, 01 Februari 2020 | 16:41 WIB Sumber: Kompas.com
Pemda Natuna tegas menolak daerahnya jadi tempat isolasi WNI dari China

ILUSTRASI. Kabin krew dengan mengenakan baju steril melakukan persiapan akhir di dalam pesawat tipe A-330 milik Batik Air ID 8618 yang akan digunakan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Sabtu (1/2/2020


VIRUS CORONA -  TANJUNGPINANG. Pemerintah akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, dalam upaya penyelamatan dari wabah virus corona yang sedang merebak di daerah tersebut.

Setibanya di tanah air, seluruh WNI yang dipulangkan dari Wuhan, akan lebih dulu diisolasi di Natuna, Kepulauan Riau, selama dua pekan untuk memastikan mereka sehat dan bebas dari virus corona.

Baca Juga: Retno Marsudi sampaikan pesan ini kepada tim evakuasi WNI di China

Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau, menolak daerahnya dijadikan sebagai tempat isolasi WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China.

Wakil Bupati (Wabup) Natuna Ngesti Yuni Suprapti menegaskan, pemerintah pusat tidak berkoordinasi dalam memutuskan kebijakan itu. Padahal, WNI di Wuhan akan ditempatkan di kawasan perkotaan di Natuna.

Ngesti menegaskan Natuna belum siap menghadapi kebijakan pemerintah pusat. Bahkan Pemkab Natuna juga belum mengetahui apa upaya antisipasi yang dilakukan agar tidak ada seorang pun warga Natuna yang terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Catat tiga cara menjaga daya tahan tubuh untuk cegah infeksi virus corona

"Di Natuna fasilitas kesehatan sangat terbatas. Kalau terjadi apa-apa dengan masyarakat kami, siapa yang mau bertanggung jawab," tegasnya di Tanjungpinang, Sabtu (1/2/2020), dikutip dari Antara.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru