Ridwan Kamil siapkan dana bantuan untuk hadapi covid-19

Jumat, 27 Maret 2020 | 15:21 WIB   Reporter: Rahma Anjaeni
Ridwan Kamil siapkan dana bantuan untuk hadapi covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan), memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). Menteri Dalam Negeri berkoordinasi dengan Pemerintah Jawa


VIRUS CORONA -  JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar, sepakat untuk menyalurkan dana bantuan jaring pengaman sosial kepada masyarakat yang terdampak akibat pandemi wabah virus Corona. Bantuan ini nantinya akan menyesuaikan arahan dari Pemerintah Pusat.

“Dalam waktu dekat, kita akan menyalurkan bantuan kepada warga Jawa Barat yang terdampak Covid-19,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di dalam keterangan tertulis, Jumat (27/3).

Baca Juga: Ridwan Kamil bentuk crisis center corona, berikut nomor kontak yang bisa dihubungi

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur, menyebutkan penyaluran bantuan tersebut akan difokuskan kepada masyarakat miskin yang belum mendapatkan program perlindungan sosial dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Total sasaran dari bantuan ini adalah sebanyak 919.525 keluarga rumah tangga sasaran (KRTS). Rinciannya adalah, sebanyak 367.825 merupakan KRTS, serta sebanyak 551.700 merupakan keluarga rentan miskin.

Keluarga rentan miskin yang dimaksud ini, adalah mereka yang mengalami kesulitan ekonomi karena pekerjaan atau usahanya terdampak oleh pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bupati Karawang positif corona, Demokrat minta peserta kongres jalani tes

Selain itu, keluarga rentan miskin juga termasuk mereka yang mungkin kehilangan pekerjaan atau menganggur karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Editor: Noverius Laoli

Terbaru