13 Nama Bakal Calon Rektor UI Lolos Tahap Seleksi Berikutnya

Jumat, 23 Agustus 2024 | 10:38 WIB   Reporter: Dadan M. Ramdan
13 Nama Bakal Calon Rektor UI Lolos Tahap Seleksi Berikutnya

ILUSTRASI. 13 nama bakal calon (Balon) Rektor UI terjaring dan tersaring kepada Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor dan Ketua MWA UI. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


PENDIDIKAN - DEPOK. Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) menyerahkan 13 nama bakal calon (Balon) Rektor UI terjaring dan tersaring kepada Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Rektor dan Ketua MWA UI.

Ke-13 nama yang lolos terdiri atas sembilan orang yang berasal dari internal UI dan empat orang lainnya berasal dari luar UI.

Ketua P3CR UISigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan, proses ini merupakan tahap penting dalam pemilihan pemimpin UI mendatang. Proses penjaringan dimulai dengan pendaftaran 17 Bakal Calon Rektor UI. 

"Melalui prosedur dan kriteria yang telah ditetapkan oleh MWA dan Pansus, telah dilakukan penyaringan yang ketat sehingga terpilih 13 bakal calon Rektor UI yang memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap pemilihan selanjutnya,” ujar  dalam keterangan, Jumat (23/08/2024).

Baca Juga: Alumni FH UI: Revisi Undang-Undang Pilkada Sarat Kecurangan

Adapun bakal calon Rektor UI terjaring dan tersaring yang berasal dari internal adalah:

1. Agus Setiawan dari Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK UI).

2. Prof Dr dr Ari Fahrial Syam dari Fakultas Kedokteran (FK UI).

3. Prof Dr Ario Sunar Baskoro dari Fakultas Teknik (FT UI).

4. Prof Dr Ir Heri Hermansyah dari FT UI.

5. Prof Dr Ibnu Hamad dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI).

6. Prof Kemas Ridwan Kurniawan dari FT UI.

7. Padang Wicaksono dari Program Pendidikan Vokasi UI.

8. Prof Dr Ir Riri Fitri Sari dari FTUI.

9. Teguh Dartanto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI).

Sementara bakal calon Rektor UI terjaring dan tersaring dari luar UI adalah:

1. Dr. Ir. H Baskoro Abie Pandowo dari PT PUCO.

2. Dr. Iwan Adhicandra dari Universitas Bakrie.

3. Prof Khreshna Imaduddin Ahmad Syuhada dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

4. Prof Dr dr Yuwono, M.Biomed., yang merupakan pensiun PNS Dosen Universitas Sriwijaya.

Baca Juga: DPR Abaikan Putusan MK, Dewan Guru Besar UI Sikapi Kegentingan Negara

Ketua MWA UI KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, mengatakan, ke-13 bakal calon Rektor UI ini nantinya akan menjalani serangkaian asesmen yang dilakukan oleh lembaga profesional, kredibel, dan independen yang telah ditentukan dan dipilih oleh MWA UI.

Proses ini bertujuan untuk mengerucutkan jumlah calon menjadi tujuh bakal calon Rektor UI. MWA UI telah menyiapkan beberapa tahapan seleksi lebih lanjut untuk memilih tiga Balon Rektor dan akhirnya terpilih Rektor UI yang baru melalui proses voting oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI.

Tim P3CR UI berharap bahwa rektor terpilih nantinya akan mampu mewujudkan visi dan misi UI, dengan berpedoman pada Kebijakan Umum yang telah disusun oleh MWA UI.

Selain itu, diharapakan juga rektor terpilih adalah sosok yang mampu menciptakan kepemimpinan yang efektif dan membangun superteam yang melibatkan semua stakeholder dalam menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses ini dan berharap agar pemilihan Rektor UI yang baru dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa UI ke arah yang lebih baik,” ucap Gus Yahya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru