CLOSE [X]
Jawa Barat

13 Tempat Wisata di Bandung Terbaru untuk Libur Panjang dan Akhir Pekan

Senin, 20 Juni 2022 | 15:50 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
13 Tempat Wisata di Bandung Terbaru untuk Libur Panjang dan Akhir Pekan

ILUSTRASI. Orchid Forest Cikole, Tempat Wisata di Bandung


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada beberapa tempat wisata di Bandung terbaru yang wajib kalian kunjungi saat libur panjang maupun akhir pekan. Mayoritas daftar tempat wisata Bandung ini bernuansa alam. 

Selain itu, wisata Bandung ini cocok dikunjungi bagi pasangan, maupun rombongan keluarga dengan anak kecil. 

Lantas, apa saja daftar tempat wisata di Bandung terbaru yang bisa dikunjungi?

Baca Juga: Dari 4.500 Kampus di Indonesia Hanya 27 Terakreditasi Unggul BAN-PT, Cek Infonya Ini

13 Daftar tempat wisata di Bandung terbaru 

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung terbaru yang bisa dikunjungi saat liburan:

1. Orchid Forest Cikole 

Orchid Forest Cikole

Tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Orchid Forest Cikole. Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya, Orchid Forest berlokasi di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dikutip dari Kompas.com (7/5/2022), kawasan ini merupakan Taman Konservasi Anggrek terbesar di Indonesia dengan hutan pinus seluas 12 hektar.

Ada beberapa wahana di Orchid Forest Cikole diantaranya Petventura, Woodbridge, Orchid Castle serta Green House. Harga tiket masuk di Orchid Forest Cikole adalah Rp 40.000 ditambah Rp 10.000 untuk asuransi Perhutani per orang. 

Jam buka Orchid Forest Cikole pukul 09.00 WIB - 18.00 WIB setiap hari. Sementara reservasi dapat dilakukan melalui 08112221284. 

Baca Juga: 20 Wisata di Semarang Bernuansa Alam, Budaya, dan Sejarah untuk Libur Panjang

2. Tebing Keraton 

Tebing Keraton, Kabupaten Bandung

Tebing Keraton terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Dikutip dari Kompas.com (24/5/2022) kawasan wisata ini terletak di puncak kawasan Hutan Lindung Taman Hutan Raha Ir H juanda.

Tebing Keraton banyak dikunjungi wisatawan karena di kawasan ini mereka dapat menikmati hijaunya pemandangan Tahura Djuanda atau Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir H Djuanda. Tempat wisata di Bandung ini menyajikan pemandangan indah terutama sebelum matahari terbit atau kurang lebih pukul 6 pagi.

Harga tiket masuk pengunjung domestik Tebing Keraton sebesar Rp 11.000, sedangkan pengunjung mancanegara sebesar Rp 75.000. Harga tiket sudah dapat digunakan ke semua kawasan Tahura Djuanda. 

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Berdikari Pasok 450 ekor Sapi bebas PMK dari Sidrap, Sulsel

3. Tahura Bandung

Tahura Bandung

Taman Hutan Ir Djuanda Bandung juga menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi. Dikutip dari laman resmi Tahura Bandung, Taman Hutan Ir Djuanda berada di Kompleks Tahura, Jl. Ir. Juanda No 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. 

Taman ini memiliki luas 526,98 hektar dan merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman jenis pinus. Taman Hutan Ir H Djuanda merupakan bagian dari daerah cekungan Bandung. 

Daerah ini memiliki latar belakang sejarah yang erat dengan zaman purba. Di taman ini juga terdapat Rumah Flora, Prasasti Beraksara Thailand, Rumah Aklimatisasi, Curug Omas, Curug Dago, Jalan Setapak Pakar Maribaya, Curug Lalay, Goa Belanda, Kolam Pakar, dan Goa Jepang. 

Baca Juga: Daftar Lengkap UMK Berbagai Wilayah di Jawa Barat 2022, Mana yang Tertinggi?

4. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan sebagai kolam mata air bisa menjadi pilihan tempat wisata bagi para keluarga. Lokasinya berada di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

Bila ditempuh dari pusat Kota Kembang, kira-kira membutuhkan waktu selama 1,5 jam. Tempat wisata di Bandung ini merupakan wisata pemandian. Dikutip dari Tribunnews.com (10/12/2021), air kolam Sendang Geulis Kahuripan berasal dari pegunungan sehingga membuat destinasi ini memiliki air yang jernih dan menyegarkan.

Saking jernihnya, bahkan pengunjung dapat melihat dasar kolam. Setidaknya terdapat tiga kolam yang dapat digunakan untuk berendam serta bermain air di Sendang Geulis Kahuripan.

Bukan hanya kolam, tempat wisata ini juga memiliki air terjun kecil yang dikelilingi dengan pepohonan rimbun. Bagi yang tertarik, wisata air ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB dengan harga tiket Rp 10 ribu.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Bekasi Hari Ini 20 Juni 2022, Cermati Syarat & Cara Perpanjang

5. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang

Selanjutnya, tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Dusun Bambu Lembang. Dusun Bambu Lembang adalah obyek wisata di kaki Gunung Burangrang, kawasan ekowisata Dusun Bambu. 

Tepatnya, letak Dusun Bambu Lembang di Jalan Kolonel Masturi km 11 Lembang, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Dikutip dari Kompas.com (27/3/2022), berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat ini. Seperti, wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang damai. Fasilitas lain di kawasan ini, seperti Kampung Layung Cottage, Sayang Heulang Camp, dan Restoran khas Dusun Bambu.

Harga tiket masuk Dusun Bambu yakni WE Playground Rp 50.000, Sampan Rp 20.000, Sepeda Bamboo Rp 30.000, Paket photo Rp 40.000 dan paket video drone Rp 150.000. Sementara, jam buka Dusun Bambu yakni pukul 10.00 - 17.00 WIB. 

Baca Juga: Sebanyak 4.188 Ternak di Kabupaten Bandung Positif PMK

6. Floating Market Lembang

Objek Wisata di Floating Market (Pasar Terapung) Lembang

Floating Market Lembang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang sering dikunjungi wisatawan. Di pasar terapung ini wisatawan bisa berbelanja berbagai sajian makanan yang dijajakan dari atas perahu. 

Selain itu, ada juga beragam fasilitas dan wahana yang dapat menghibur keluarga. Floating Market ini menyediakan wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api. 

Lokasi Floating Market Lembang di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Ingin Perpanjang SIM, Cek Cara & Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 17 Juni 2022

7. Farm House Lembang 

Farm House Lembang

Selanjutnya, salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Farm House Lembang. Mengutip Kompas.com, Senin (24/09/2018), Farm House Lembang menawarkan wisata edukasi dan bermain bersama satwa. 

Tak hanya itu, bagi yang suka berfoto, ada sejumlah spot selfie yang tersedia. Latar bangunan-bangunan bergaya Eropa bisa menjadi pilihan untuk mengabadikan momen bersama keluarga, atau pun meramaikan feed Instagram. 

Ada pula, pilihan spot foto berlatar belakang rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings. Lokasi Farm House Lembang di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca Juga: VKTR dan Jasa Sarana Siapkan Bus Listrik untuk Bandung Raya

8. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kemudian, salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi adalah Kawah Putih Ciwidey. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. 

Lokasinya ada di Desa Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisatawan dapat menyaksikan danau dengan air berwarna putih kehijauan. Danau ini dikelilingi hutan yang menambah suasana alami di tempat tersebut.

Baca Juga: 20 Kampus yang Punya Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi SIR 2022

9. Puncak Ciumbuleuit (Punclut)

Puncak Ciumbuleuit (Punclut)

Puncak Ciumbuleuit atau yang populer dengan nama Punclut adalah tempat wisata yang ada di dataran tinggi Bandung. Tempat wisata di Bandung ini cukup populer sebagai destinasi wisata malam di Bandung karena menyuguhkan pemandangan kota yang indah dari ketinggian.

Dikutip dari Kompas.com (29/12/2021), terdapat berbagai kafe dan tempat makan cantik dengan konsep tradisional dan modern desain modern yang dapat dipilih sesuai selera. Di sini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam makanan Sunda seperti karedok, nasi timbel dan lainnya. 

Jarak Puncak Ciumbuleuit ke pusat Kota Bandung kurang lebih 10 kilometer dan bisa ditempuh dengan perjalanan menggunakan kendaraan sekitar 40 menit pada kondisi lalu lintas lancar.

Baca Juga: Yayasan Wings Peduli & SoKlin Antisep Dukung Perlindungan Kesehatan Menyeluruh

10. The Great Asia Africa 

The Great Asia Africa Lembang

The Great Asia Africa merupakan destinasi wisata Bandung yang menawarkan sensasi keliling tujuh negara tanpa harus harus keluar negeri. 

Mengutip Kompas.com, Minggu (19/07/2020), terdapat miniatur destinasi wisata terkenal dari tujuh negara di The Great Asia Africa Adapun negara-negara yang ditampilkan berasal dari benua Asia Afrika, sesuai namanya. 

Para pengunjung bisa melihat beberapa ikon terkenal dari Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah. 

Selain itu, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara tersebut. Jadi, selain melepas penat Anda bisa mengajarkan kebudayaan berbagai negara di The Great Asia Africa.

Baca Juga: Kolaborasi Sediakan Pilihan Minuman Berbahan Susu Kacang Almond, Oat, dan Kedelai

11. Wisata Alam Ranca Upas

Ranca Upas

Destinasi wisata di Bandung lainnya adalah Wisata Alam Ranca Upas. Wisata Alam Ranca Upas memiliki area perkemahan, penangkaran rusa, dan outbond serta pemandian air panas. 

Lokasi Wisata Alam Ranca Upas yakni di Jl. Raya Ciwidey - Patengan KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung. 

12. De'Ranch Lembang

De Ranch Lembang

Selanjutnya, destinasi wisata di Bandung adalah De'Ranch Lembang. Mengutip situs resmi De’Ranch Lembang, destinasi wisata Bandung ini mengusung konsep tempat wisata keluarga. 

De’Ranch Lembang menawarkan liburan dengan suasana perkampungan koboi di negara bagian barat. Mulanya, De’Ranch Lembang adalah tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah yang akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Selain itu, De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lainnya seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. Lokasi De'Ranch Lembang di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Wahana Permainan Kembali Dibuka, Trans Studio Targetkan Laba Naik 25% di 2022

13. Saung Angklung Udjo 

Saung Angklung Udjo

Terakhir, tempat wisata di Bandung bernuansa budaya yang bisa dikunjungi adalah Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo  merupakan sebuah tujuan wisata budaya dan edukasi yang lengkap, karena memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu. 

Di samping itu, kehadiran Saung Angklung Udjo di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda. Khususnya Angklung, kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi selama momen liburan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru