20 Pekerja terkonfirmasi positif Covid-19, kluster pabrik muncul di Gunungkidul

Sabtu, 05 Juni 2021 | 18:13 WIB Sumber: Kompas.com
20 Pekerja terkonfirmasi positif Covid-19, kluster pabrik muncul di Gunungkidul

ILUSTRASI. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Gunungkidul, tercatat 3.179 kasus positif Covid-19 di wilayah itu hingga Sabtu.

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Kluster Covid-19 muncul di sebuah pabrik di Padukuhan Nogosari, Kalurahan Bandung, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, total ada 20 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di pabrik tersebut.

"Ya, kluster pabrik tas," kata Dewi dihubungi melalui telepon, Sabtu (5/6). Tim dinas kesehatan masih melakukan tracing untuk mencegah kasus Covid-19 tersebut meluas.

Meski begitu, Dewi tak menjelaskan awal mula penemuan kasus positif Covid-19 di pabrik tersebut. "Masih berlangsung tracking," kata Dewi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Gunungkidul, tercatat 3.179 kasus positif Covid-19 di wilayah itu hingga Sabtu. Rinciannya, 2.808 pasien sembuh dan 217 orang masih dirawat. Sementara, 154 pasien dinyatakan meninggal.

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 Sabtu (5/6), tambahan vaksin dosis pertama makin tinggi

"Hari ini terkonfirmasi positif tambah 41 kasus, dan yang sembuh ada 11 orang, dan 1 kasus meninggal," kata Dewi.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, tidak berkerumun, hingga selalu mencuci tangan setelah beraktivitas. "Jangan sampai lengah supaya pencegahan Covid-19 dapat ditekan," kata Dewi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 20 Pekerja Terkonfirmasi Positif Covid-19, Klaster Pabrik Muncul di Gunungkidul.
Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono
Editor: Dheri Agriesta

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 Sabtu (5/6), tambahan vaksin dosis pertama makin tinggi

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru