Umum

5 Manfaat aloe vera gel untuk kesehatan kulit

Jumat, 20 November 2020 | 14:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat aloe vera gel untuk kesehatan kulit


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aloe vera gel atau gel lidah buaya adalah salah satu bahan yang digunakan di banyak produk perawatan kulit. Hal itu disebabkan karena lidah buaya mampu mengatasi kulit yang meradang dan iritasi, melawan bakteri, dan melembabkan kulit. Berikut ini manfaat aloe vera gel yang bisa Anda dapat.

Melembabkan Kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit yang kering, memakai gel lidah buaya bisa dijadikan pilihan. Vitamin E dalam lidah buaya berguna untuk melembabkan kulit. Sedangkan vitamin C bertugas untuk mencerahkan kulit.

Mengutip dari Prevention (prevention.com), lidahbuaya juga mengandung antioksidan yang mampu menjaga dan menguatkan skin barrier kulit. Hasilnya, kulit menjadi terlihat lebih lembut dan terbebas dari berbagai macam masalah kulit.

Mengatasi Sunburn

Sunburn atau kulit yang terbakar sinar matahari bisa menyebabkan iritasi. Hal itu bisa Anda atasi dengan memakai gel lidah buaya karena bahan alami ini mengandung antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit dan menyejukkan kulit.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bekas koreng dengan bahan alami

Manfaat aloe vera gel lainnya adalah proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat dan sintesis kolagen meningkat karena adanya gula alami. Hasilnya, kulit menjadi lebih lembab dan terlindungi dari efek sinar matahari.

Mengobati Bekas Jerawat

Selain mengandung antibakteri dan anti jamur, lidah buaya juga mengandung asam salisilat. Kandungan-kandungan tersebut mampu melembabkan bekas jerawat yang kering akibat pengobatan jerawat.

Meski demikian, Prevention mengingatkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kulit. Tidak semua jenis jerawat dan bekasnya bisa diatasi dengan lidah buaya secara maksimal. Fungsi yang telah disebutkan hanya mampu mengatasi jerawat ringan saja.

Membersihkan Sisa Make Up

Salah satu manfaat aloe vera gel adalah membersihkan sisa make up.

Tahukah Anda bahwa gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa make up? Kandungan yang ada dalam lidah buaya membuat bahan ini cukup aman digunakan untuk membersihkan make up di wajah Anda.

Baca Juga: 5 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami

Meski demikian, pastikan untuk melakukan uji coba dulu agar gel lidah buaya tidak menimbulkan iritasi. Anda bisa mencoba gel lidah buaya di lengan atau belakang telinga. Jika tak ada reaksi iritasi, Anda bisa memakainya untuk membersihkan sisa make up Anda.

Mengurangi Gatal Akibat Gigitan Serangga

Jika kulit Anda tergigit serangga dan terasa gatal, Anda bisa mengatasinya dengan memakai gel lidah buaya. Antiinflamasi dalam lidah buaya akan mengurangi rasa gatal dan kemerahan akibat serangan serangga tersebut.

Selanjutnya: 5 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa obati jerawat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru