7 Makanan Khas Kudus yang Wajib Dicoba

Kamis, 01 September 2022 | 20:18 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Makanan Khas Kudus yang Wajib Dicoba

ILUSTRASI. Soto Kudus adalah salah satu makanan khas Kudus. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


KONTAN.CO.ID - Kudus adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Kudus yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah yang disebut sebagai Kota Wali ini.

Selama ini, kuliner khas Kudus yang terkenal adalah soto Kudus. Namun, selain soto, daerah sentra produsen rokok ini juga kaya akan ragam kuliner. 

Lantas, apa saja makanan khas Kudus yang bisa dicoba saat berkunjung ke wilayah ini? 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Demak yang Direkomendasikan untuk Dicoba

7 Makanan khas Kudus

Makanan khas Kudus

Berikut sederet makanan khas Kudus dirangkum dari buku Makanan Khas Kudus (2021) oleh Harnan, Penerbit Elementa Media:

1. Soto kerbau

Makanan khas Kudus, Jawa Tengah yang paling terkenal adalah soto Kudus atau soto kerbau. Soto kudus hampir mirip dengan soto Lamongan namun dengan kuah lebih bening.

Namun, yang khas dari soto Kudus adalah isiannya menggunakan daging kerbau. Tetapi saat ini, soto Kudus juga memiliki variasi daging lain yakni sapi dan ayam suwir.

Makanan khas Kudus ini bisa dinikmati dengan pelengkap berupa perkedel, tempe goreng, sate jeroan, sate telur puyuh. 

Baca Juga: Berburu Kuliner Lezat di Yogyakarta? Ini Dia Rekomendasinya!

2. Lentog tanjung

Lentog tanjung adalah makanan khas Kudus yang terbuat dari potongan lontong, sayur gori, dan sayur lodeh tahu. Cara penyajiannya menggunakan alas daun pisang yang membuat makanan ini terasa lebih nikmat.  

Selain itu, makanan ini juga ditaburi dengan rebusan cabai tanpa diiris kecil-kecil. Kuah hidangan ini memiliki rasa yang mirip dengan lontong Cap Go Meh.

Walaupun sayur nangkanya manis, namun tidak seperti yang ada di gudeg. 

3. Nasi opor sunggingan

Nasi opor sunggingan adalah salah satu kuliner khas Kudus yang terkenal. Konon, menu ini adalah makanan favorit salah satu anggota Walisongo, Sunan Kudus.

Nasi opor sunggingan ini sering dijadikan sebagai suguhan utama di setiap ada acara di kompleks Menara Kudus. Misalnya, pada acara tradisi jamasan keris milik Sunan Kudus.

Tradisi jamasan adalah ritual penyucian atau pembersihan keris peninggalan Sunan Kudus yang diadakan rutin setiap tahun sekali. Seusai acara, menu nasi opor sunggingan selalu menjadi hidangan utama bagi para tamu.

Baca Juga: Jajal Kuliner Indonesia di Shopee Super Shopping Day

Makanan khas Kudus

4. Ayam gongso

Makanan khas Kudus berikutnya adalah ayam gongso. Bumbu yang digunakan dalam masakan ayam gongso ini adalah bumbu kecap. 

Perpaduan rasa manis, pedas dan juga gurih membuat cita rasa dari ayam gongso ini semakin nikmat. Makanan khas Kudus ini juga sudah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. 

5. Sayur Kangkung santan

Kangkung santan adalah makanan khas Kudus yang cukup mudah ditemui saat Anda menyambangi kota ini. Sayur kangkung ini mudah dijumpai di warung-warung pinggir perlintasan yang terdapat di Kabupaten Kudus.

Biasanya, kangkung santan jadi lauk yang dihidangkan saat makan siang. Sesuai namanya, kuah kangkung ini memiliki campuran santan kelapa. 

Baca Juga: Sederet Makanan Khas Brebes yang Paling Populer

6. Nasi pindang kerbau

Nasi pindang kerbau adalah makanan khas Kudus yang memiliki banyak penikmat. Makanan yang memliki tampilan seperti rawon, dengan kuah gelap dan potongan daging kerbau ini jadi salah satu hidangan unggulan dari Kota Kretek.

Warna hitamnya berasal dari keluak. Makanan ini biasanya dijual dan disajikan oleh masyarakat Kudus ketika mengadakan suatu hajatan seperti pernikahan dan pengajian.

Bedanya dengan rawon, pindang ini biasa diberi santan encer, dan ditambahkan daun melinjo muda.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Sambal Asli Indonesia dari Berbagai Penjuru Nusantara

7. Nasi jangkrik daun jati

Nasi jangkrik daun jati adalah salah satu makanan khas Kudus yang berisi nasi dengan lauk daging kambing atau kerbau. 

Daging dimasak dengan bumbu tradisional seperti cabai merah, bawang putih, lengkuas dan santan. Kemudian dimasak selama empat jam atau lebih sampai empuk dan bumbunya meresap.

Nasi jangkrik juga dibungkus daun jati serta ditali mengggunakan anyaman jerami. Nama jangkrik hanya dipakai sebagai daya tarik karena terkesan unik.

Itulah beberapa makanan khas Kudus Jawa Tengah yang bisa Anda cicipi jika kebetulan mampir ke daerah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru