Sederet Makanan Khas Brebes yang Paling Populer

Kamis, 25 Agustus 2022 | 15:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sederet Makanan Khas Brebes yang Paling Populer

ILUSTRASI. Telur asin salah satu makanan khas Brebes.


KONTAN.CO.ID - Brebes adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Brebes yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah bekas Karesidenan Pekalongan ini. Kuliner Brebes juga sangat beragam. 

Kabupaten Brebes berada di perlintasan utama Jakarta menuju ke kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Itu sebabnya, lalu lintas yang melewati Brebes cukup ramai, baik melalui jalan arteri Pantura maupun Tol Trans Jawa. 

Jika mampir ke daerah ini, tak ada salahnya untuk mencicipi salah satu makanan khas Brebes yang menggugah selera. 

Di Utara, kuliner Brebes sangat dipengaruhi oleh letak geografisnya yang berada di Pantai Utara yang masyarakatnya berdialek Jawa Ngapak. Sementara, makanan khas Brebes di Selatan cukup banyak dipengaruhi oleh akulturasi budaya Sunda. 

Baca Juga: Deretan Makanan Khas Boyolali yang Layak Dicoba

Makanan khas Brebes

Ada cukup banyak makanan khas Brebes yang bisa Anda coba. Ragam kuliner Brebes memiliki cita rasa yang berbeda baik asin, manis, gurih, atau pedas.  

Selain itu, hidangan yang tersedia pun bervariasi baik itu makanan berat atau makanan ringan. Berikut ini sederet makanan khas Brebes sebagaimana dikutip dari buku Makanan Khas Jawa Tengah (2022), oleh Prasita Puspita Sari, Penerbit Guepedia:

1. Telur asin

Telur Asin Makahan Khas Brebes

Telur asin adalah makanan khas Brebes yang paling dikenal masyarakat Tanah Air. Tekstur telur asin Brebes agak sedikit kasar serta rasanya yang gurih membuat banyak orang suka menyantapnya. 

Tidak jarang juga kuliner Brebes ini dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang datang berkunjung ke Brebes, yang merupakan salah satu sentra peternakan itik atau bebek. 

Baca Juga: Deretan Makanan Khas Banyumas yang Terkenal Kelezatannya

Telur asin sendiri muncul sebagai upaya peternak melakukan pengawetan pada tahun 1950-an. Peternakan itik di Brebes menghasilkan banyak sekali telur setiap harinya. 

Agar telur-telur tersebut dapat dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama, maka para perternak melakukan pengawetan dengan metode pengasinan. Namun dari waktu ke waktu, telur asin ini ternyata banyak diminati. 

Makanan khas Brebes paling terkenal ini banyak dijual di sepanjang Jalan Pantura. Variasi telur asin yang dijual di sana pun cukup banyak, mulai dari telur asin yang mentah, matang, telur asin bakar, maupun telur asin aneka rasa.

Baca Juga: Ragam Kudapan Asli Indonesia dari Penjuru Nusantara

2. Sate blengong

Sate Blengong Makanan Khas Brebes

Makanan khas Brebes berikutnya yang cukup populer adalah sate blengong. Yang unik, sate ini dibuat dari daging blengong yang merupakan persilangan bebek dan mentok. 

Dari segi bentuk, sate blengong memang tak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Namun, jika diperhatikan dari ukurannya, sate blengong lebih panjang. 

Sate blengong disajikan menggunakan tusuk sate yang lebih besar dan panjang, sehingga mampu menampung banyak daging blengong.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

Sate blengong dibuat dengan merebus daging blengong dengan menggunakan bumbu santan dan menggunakan berbagai macam bumbu rempah lainnya dalam waktu yang lama. 

Tujuannya agar dagingnya terasa empuk dan bumbunya meresap kedalam. 

Tekstur yang dihasilkan oleh sate blengong ini terasa berserat namun tetap lembut. Umumnya kuliner Brebes ini dinikmati bersama lontong yang disiram kuah lalu ditambahkan dengan kerupuk.

Baca Juga: Mampu Mencerahkan Kulit, Simak 7 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

3. Kupat glabed

Kupat Glabed Makanan Khas Brebes

Bicara makanan khas Brebes paling populer, rasanya tidak lengkap kalau tidak memasukan kupat glabed. Sesuai dengan namanya, kupat glabed adalah sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning kental glabed.

Selain dikenal sebagai makanan khas Brebes, kupat glabed juga banyak dijumpai di daerah tetangganya, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal.

Glabed adalah kata yang digunakan oleh orang Brebes dan Tegal untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental ketika masuk ke dalam mulut. 

Baca Juga: 10 Negara dengan Konsumsi Mie Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Jika diperhatikan, kuah kuning pada kuliner Brebes ini tampak seperti kuah opor ayam pada umumnya. Namun, kupat glabed memiliki kuah lebih kental sehingga terasa gurih. 

Satu piring kupat glabed terdiri dari kupat, potongan tempe kecil, sayur kuning, sambel merah, dan kerupuk mie kuning. Sebagai pelengkap, kupat glabed disantap bersama sate ayam, sate kerang, atau sate kikil.

Itulah tiga makanan khas Brebes yang cukup populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru