7 Objek Wisata Populer di Jawa Timur, Menarik Dikunjungi saat Libur Panjang

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:59 WIB   Penulis: Arif Budianto
7 Objek Wisata Populer di Jawa Timur, Menarik Dikunjungi saat Libur Panjang

ILUSTRASI. 7 Objek Wisata Populer di Jawa Timur, Menarik Dikunjungi saat Libur Panjang


WISATA - Inilah 7 objek wisata populer di Jawa Timur yang menarik dikunjungi saat libur panjang. Dari beberapa objek wisata yang akan dibahas, Anda pernah mengunjungi objek wisata apa saja di Jawa Timur?

Libur panjang segera tiba! Persiapkan diri Anda jika berencana untuk healing dengan rekreasi bersama keluarga, orang-orang terdekat atau mungkin rekan kerja.

Setelah sekian lama sibuk dengan pekerjaan, sekolah atau mungkin kesibukan lainnya, kini saatnya mereset diri dengan liburan. Meskipun ada banyak cara untuk menikmati libur panjang, ada kalanya liburan dengan mendatangi tempat atau objek wisata dapat menjadi opsi yang menarik.

Melihat pemandangan yang indah, menikmati perjalanan hingga mencicipi kuliner yang mungkin belum pernah Anda coba. Seperti yang kita ketahui, ada banyak objek wisata yang dapat Anda kunjungi di Indonesia.

Kalau Anda mungkin berada di pulau jawa dan tidak ingin mendatangi objek wisata yang tidak terlalu jauh, mungkin provinsi Jawa Timur bisa menjadi destinasi yang menarik. Ini juga berlaku bagi Anda yang mungkin tinggal di luar pulau Jawa jika memang tertarik.

Provinsi yang terletak di bagian timur pulau Jawa ini menyimpan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi untuk mempersiapkan libur panjang Anda.

Mulai dari wisata alam, melihat peninggalan sejarah, lebih dekat dengan ragam flora dan fauna hingga mendatangi taman hiburan modern yang menawarkan pengalaman seru.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata di Jawa Timur yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi jika Anda berencana menghabiskan waktu libur panjang.

1. Jatim Park (Kota Batu)

Kunjungan wisatawan di Jatim Park meningkat

Terletak di Kota Batu, Jawa Timur, objek wisata yang satu ini merupakan tempat rekreasi dan taman belajar.

Menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur, Jatim Park memiliki banyak wahana yang dapat Anda coba. Untuk saat ini Jatim Park terdiri dari 3 lokasi yang dapat Anda kunjungi.

Yaitu Jatim Park 1 yang menawarkan berbagai wahana seru yang dapat Anda coba dan tentunya pengetahuan. Kemudian ada Jatim Park 2, di sini Anda dapat melihat satwa.

Dan terakhir ada Jatim Park 3, di mana Anda dapat mewujudkan imajinasi dengan mengunjungi taman-taman hiburan yang modern. Ada Dino Park juga yang dapat Anda datangi di yang ke-3 ini lho.

Adik-adik suka dinosaurus, bukan? Harga tiket masuk menuju Jatim Park bervariasi, mulai dari Rp 30.000, sebagian lebih tinggi sesuai dengan lokasi-lokasi yang Anda kunjungi di Jatim Park 1, 2 dan 3.

2. Taman Nasional Baluran (Situbondo)

Taman Nasional Baluran

Berada di ujung timur provinsi Jawa Timur, Anda dapat mengunjungi sebuah taman yang terkenal dengan julukannya sebagai "little africa van java".

Tepatnya di wilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Nama Baluran sendiri diambil dari gunung yang berada di daerah ini,  yaitu Gunung Baluran.

Objek wisata Taman Nasional Baluran menwarkan pemandangan alam yang indah dengan flora dan fauna yang bervariasi. Pengunjung dapat mendatangi objek wisata Taman Nasional Baluran dengan membeli tiket yang dibanderol hanya Rp 5.000 untuk hari Senin - Sabtu dan Rp 7.500 untuk hari libur.

3. Gunung Bromo

Puncak Seruni Point di kawasan Bromo

Masih berkaitan dengan alam, objek wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi di provinsi Jawa Timur adalah gunung Bromo.

Gunung Bromo merupakan salah satu nama yang populer telinga para pendaki maupun kalangan umum.

Memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.

Gunung Bromo juga menawarkan destinasi menarik yang dapat Anda kunjungi, misalnya Bukit Teletubbies atau Savana Teletubbies, Bukit Cinta, Bukit Kedaluh atau Kingkong hingga pasir berbisik dengan hamparan pasir yang luas.

Untuk mengunjungi objek wisata gunung Bromo, Anda dapat melakukan Booking online melalui website resmi sesuai dengan jadwal yang tersedia.

Baca Juga: Catat Jadwal Dieng Culture Festival 2024: Harga Tiket, Acara, dan Lokasi

4. Candi Penataran (Blitar)

Candi Penataran di Blitar, Jawa Timur

Objek wisata candi Penataran terletak di desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Candi Penataran memiliki nama asli Candi Palah yang merupakan sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis.

Asal Anda tahu, candi Penataran merupakan candi termegah dan terluas di Jawa Timur. 

Diperkirakan dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Keidri sekitar tahun 1200 Masehi pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Candi tersebut masih berlanjut pembangunannya sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

Jika Anda mungkin ingin melihat kembali sejarah di era kerajaan Majapahit, mungkin wisata bertemakan candi ini menarik untuk dikunjungi di Provinsi Jawa Timur.

5. Kawah Ijen (Bondowoso)

Fenomena Alam Langka: api biru Kawah Ijen

Kawah Ijen berada di di gunung Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso.

Memiliki ketinggian 2.386 di atas permukaan laut, ada fenomena alam yang paling terkenal di gunung Ijen ini.

Adalah blue fire atau api biru di dalam kawah yang terletak di puncak gunung tesebut. Memang harus ada usaha ekstra untuk melihat keindahan kawah Ijen ini.

Sebagai informasi tambahan, fenomena blue fire atau api biru ini hanya dapat dilihat oleh mata manusia saat tidak ada chaaya, karena waktu ideal untuk melihatnya adalah jam 2 hingga 4 dini hari. 

Selain melihat api biru, dari kawah Ijen juga dapat melihat pemandangan gunung lain yang berada di kompleks pegunungan Ijen.

Di antaranya adalah puncak Gunung Marapi, terletak di timur kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket dan Gunung Rante.

Tiket untuk wisatawan lokal menuju ke kawah Ijen cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk hari kerja dan Rp 7.500 untuk hari libur. Jangan lupa bawa uang tambahan untuk parkir motor RP 5.000 dan mobil Rp 10.000

6. Air Terjun Tumpak Sewu (Lumajang)

AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Melihat pemandangan air terjun serasa membuat perasaan menjadi segar lagi, enggak si?

Di Jawa Timur juga menyimpan objek wisata dengan pemandangan air terjun yang begitu indah. Adalah Air Terjun Tumpak Sewu, disebut juga sebagai Coban Sewu.

Air terjun berketinggian sekitar 120 meter ini berbatasan dengan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Namun, tepatnya berada di lokasi dua desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang.

Wisatawan dapat membayar Rp 10.000 per orang untuk memasuki wilayah objek wisata air terjun Tumpak Sewu. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Menarik Dikunjungi, Apa Saja?

7. Wisata Bahari Lamongan WBL (Lamongan)

Bermain air lagi!

Wisata Bahari Lamongan atau yang disingkat dengan WBL merupakan tempat wisata yang memadukan wisata bahari dan wisata fantasi dalam area seluas 17 hektar.

WBL terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Anda dapat menikmati beberapa wahana unggulan di salah satu objek wisata di Provinsi Jawa Timur ini. Mulai dari Istana Bawah Laut, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk WBL bervariasi sesuai dengan lokasi yang Anda kunjungi. Dimulai dari Rp 40.000 untuk hari Senin-Kamis dan Rp 50.000 pada akhir pekan dan hari libur, Anda dapat menunjungi Maharani Zoo dan Goa.

Sedangkan tiket WBL+BSC dijual dengan harga Rp 85.000 berlaku untuk hari Senin-Kamis dan Rp 110.000 pada akhir pekan atau hari libur.

Sebagai informasi tambahan, harga tiket belum termauk fasilitas lainnya yang berbayar.

Demikian informasi tentang objek wisata di Provinsi Jawa Timur yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu libur panjang dengan berwisata di daerah Jawa Timur.

Selanjutnya: Cek Ramalan Cuaca Besok di Jakarta, Kamis (13/6): Awan Tebal Tanpa Hujan

Menarik Dibaca: Bisa Menurunkan Kolesterol, Intip 8 Manfaat Kale untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru