8 Daerah Ini Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2022, DKI Jakarta Termasuk?

Kamis, 25 Agustus 2022 | 04:20 WIB Sumber: Kompas.com
8 Daerah Ini Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2022, DKI Jakarta Termasuk?

ILUSTRASI. ejumlah daerah di Indonesia masih memiliki program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang masih berlaku di bulan Agustus 2022 ini. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan, informasi ini sangat penting diketahui. Pasalnya, sejumlah daerah di Indonesia masih memiliki program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang masih berlaku di bulan Agustus 2022 ini. 

Dengan adanya program pemutihan ini, maka salah satu keuntungan pemilik kendaraan yang menunggak pajak adalah tak dikenakan sanksi administratif maupun denda. 

Apakah wilayah DKI Jakarta ikut menggelar pemutihan pajak kendaraan 2022? Sayangnya, wilayah ibukota DKI Jakarta tidak menggelar pemutihan pajak.

Melansir Kompas.com, berikut 8 daerah di Indonesia yang masih menerapkan program pemutihan pajak kendaraan: 

1.Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Timur 

Dikutip dari Kompas.com, 3 Juli 2022, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 1 April hingga 30 September 2022. 
Sebelumnya, jangka waktu pemutihan ini diterapkan hingga 30 Juni, namun kemudian diperpanjang oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Bagi yang akan melakukan pemutihan pajak, insentif yang diberikan berupa pemutihan sanksi administrasi PKB dan BBNKB. Selain itu juga terdapat pembebasan bea balik nama (BBN) kedua dan seterusnya. 

Baca Juga: Bank Banten dan Pemprov Banten Launching Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

2. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Jawa Barat 

Bagi warga Jawa Barat, program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) juga masih diberlakukan. Pemutihan pajak kendaraan bermotor bagi warga Jawa Barat diberlakukan dari 1 juli 2022 hingga 31 Agustus 2022. 

Adapun sejumlah program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini meliputi: 

  • Bebas Denda PKB
  • Bebas BBNKB II
  • Bebas Tunggakan PKB Tahun ke-5
  • Diskon pajak kendaraan bermotor
  • Diskon BBNKB I
  • Program Pembebasan BBNKB II bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses balik nama penyerahan kedua dan seterusnya. 

Adapun pembebaasan tunggakan PKB tahun ke-5 diberikan kepada pemilik kendaraan yang menunggak lebih dari 5 tahun. 

3. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Bali 

Pemerintah Provinsi Bali juga menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 4 April 2022 hingga 31 Agustus 2022. Program ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 63 Tahun 2021 dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 42 Tahun 2022. 

Program pemutihan pajak di Bali ini akan memberikan pembebasan bunga dan denda pembayaran PKB dan BBNKB II. 

Baca Juga: Jasa Raharja Bentuk Sekretariat Pembinaan Samsat Satu Atap

4. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Kalimantan Utara 

Provinsi Kalimantan Utara juga tengah memberikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program ini didasarkan pada Keputusan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 188.44/KK.237/2022 tentang Pemberian Pembebasan Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap Kendaraan Bermotor Yang Terdaftar di Provinsi Kalimantan Utara dan Kendaraan Mutasi ke Wilayah Provinsi Kalimantan Utara. 

Program pemutihan pajak tersebut berlaku 1 April hingga 30 September 2022 dan dikhususkan untuk pembebasan BBNKB II dan seterusnya. 

5. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Kalimantan Tengah 

Pemprov Kalimantan Tengah saat ini juga menggelar program pemutihan pajak kendaraan bermotor 2022 bagi warganya. Sebagaimana dikutip dari akun resmi Instagram Sekretariat Daerah provinsi Kalteng @sekretariaat.daerah.kalteng, program tersebut dijalankan mulai 17 Mei hingga 17 Agustus 2022. 

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Kalimantan Tengah ini meliputi: 

  • Mendapat pembebasan denda, keringanan tunggakan PKB
  • Pembebasan pokok dan denda BBNKB kedua
  • Pembebasan pajak progresif ketiga dan seterusnya. 

6. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Nusa Tenggara Barat 

Wilayah Nusa Tenggara Barat juga mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Adapun hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur NTB Nomor 74 Tahun 2022 tentang Insentif pajak kendaraan bermotor. 
Keuntungan program ini yakni: 

  • Bebas denda PKB
  • Bebas Tunggakan di atas 5 tahun Diskon PKB sampai dengan 50 persen
  • Program berlaku 1 Agustus 2022 hingga 31 Oktober 2022. 

7. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Kalimantan Timur 

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor juga diberlakukan di Kalimantan Timur. Prigram ini diadakan 16 agustus hingga 31 Oktober 2022. Dengan program ini terdapat sejumlah keuntungan yang didapatkan masyarakat yakni: 

  • Diskon 2 persen untuk pembayaran 0-30 hari sebelum jatuh tempo
  • Diskon 4 persen untuk pembayaran 31-60 hari sebelum jatuh tempo
  • Diskon pokok PKB yang menunggak 4 tahun ke atas hanya membayar PKB terhitung 3 tahun 
  • Bebas denda administrasi
  • Bebas pajak progresif Bebas BBNKB II dan seterusnya
  • Pembebasan denda SWDKLLJ tahun sebelumnya.

Baca Juga: Mobil yang STNK-nya Mati Tak Bisa Registrasi Ulang karena Datanya Sudah Dihapus

8. Pemutihan pajak kendaraan bermotor Sumatera Selatan 

Dikutip dari Kompas.com, 8 Agustus 2022, program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor di Sumatera Selatan berlangsung sampai 31 Desember 2022. 

Program ini mengacu pada Pergub Nomor 18 Tahun 2022 tentang pembebasan BBNKB kedua dan seterusnya serta penghapusan administratif berupa denda dan buunga pajak kendaraan bermotor dan BBNKB. 

Penghapusan sanksi administratif berlaku bagi PKB dan BBNKB pada tahun berjalan. Selain itu, sanksi administrasi PKB tahun-tahun sebelumnya. Program ini tak berlaku bagi kendaraan baru. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar 8 Daerah yang Adakan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2022"
Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru