Ada aksi 1812 di istana hari ini, 5.000 personel gabungan dikerahkan

Jumat, 18 Desember 2020 | 11:37 WIB Sumber: Kompas.com
Ada aksi 1812 di istana hari ini, 5.000 personel gabungan dikerahkan

ILUSTRASI. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memberikan keterangan pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/12/2020). ANTARA FOTO/Rachman/aaa/wsj.


UNJUK RASA - JAKARTA. Sebanyak 5.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa masa Front Pembela Islam ( FPI) atau yang disebut aksi 1812 di sekitar Istana Jakarta, Jumat (18/12). 

"Ada kekuatan sekitar 5.000 personel gabungan kami siapkan. Kemudian ada 7.500 personel yang kami cadangkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Jumat. 

Yusri menyebutkan, personel cadangan akan berjaga-jaga di sekitar Monas dan Gedung DPR RI. "Juga ada teman-teman TNI yang berjaga di Batalyon masing-masing. Jadi kapan saja dibutuhkan, siap meluncur," ucap Yusri. 

Baca Juga: Pendatang di Jakarta wajib bawa rapid test antigen, bagaimana Bandung dan Yogya?

Yusri menegaskan, pihak kepolisian tidak mengeluarkan izin untuk aksi 1812 itu. "Karena penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta masih tinggi. Kegiatan operasi kemanusiaan yang kami kedepankan," ujar dia. 

Perserta aksi yang akan dilakukan oleh massa simpatisan pemimpin FPI, Rizieq Shihab, itu menyebut diri mereka sebagai Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI. Mereka dikatakan akan menuntut pengungkapan kasus penembakan yang dialami enam anggota FPI oleh polisi. 

Mereka juga menuntut pembebasan Rizieq Shihab yang kini ditahan polisi terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta. Aksi 1812 rencananya akan berlangsung pukul 13.00 WIB. (Nirmala Maulana Achmad)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Aksi 1812 di Istana Hari Ini, 5.000 Personel Gabungan Dikerahkan"

Selanjutnya: Ada aksi 1812, inilah rencana pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jakarta Pusat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru