Ada pengerjaan sodetan kali Ciliwung, jalan Otista III ditutup hingga Februari 2019

Selasa, 04 Desember 2018 | 21:04 WIB   Reporter: TribunNews
Ada pengerjaan sodetan kali Ciliwung, jalan Otista III ditutup hingga Februari 2019

ILUSTRASI.


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Imbas pengerjaan proyek sodetan ciliwung, jalan Otista III, Jatinegara Jakarta Timur ditutup untuk umum hingga Februari 2019 mendatang. Penutupan dilakukan untuk memperlancar proses perbaikan sodetan tersebut yang sudah mulai rusak.

Bahkan satu unit ekskavator pun sudah diterjunkan dilokasi untuk melakukan proses pengerjaan. Tak hanya itu beberapa petugas Dishub pun juga terlihat dilokasi untuk mensosialisasikan kepada pengendara yang melintas.

Tak hanya itu sebuah papan yang berjarak 200 meter dari titik pengerjaan bertuliskan himbauan bawa tengah ada proyek perbaikan sodetan kali Ciliwung, dan pengendara diarahkan ke jalur alternatif. Meski ditutupproses pengerjaan belum dilakukan.

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar, mengatakan bahwa proyek sodetan ciliwung akan dilakukan penguatan terowongan pengendali banjir, karena saat ini kondisinya memang sudah rusak dan perlu berbaikan. Terlebih jalur tersebut, digunakan sebagai jalur alternatif bagi pengendara dari DI Panjaitan menuju Otista dan sebaliknya.

"Jadi ini dilakukan pengerjaan untuk memperkuat dan memperbaiki struktur jalan diatas sodetan Kali Ciliwung yang sudah mulai agak retak. Apalagi jalan ini kan memang sering dilewati kendaraan takutnya terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Nasrudin, Selasa (4/12).

Menurut Nasrudin, bahwa struktur dari sodetan tersebut memang belum permanen, sehingga berjalannya waktu mengalami kerusakan, dan perlu adanya perbaikan. Meski begitu perbaikan yang akan dilakukan pada sodetan tersebut untuk penangulangan sementara.

Pihaknya mengaku belum mengetahui apakah nanti sodetan tersebut akan dipermanenkan. Karena hingga saat ini masih dalam proses kepastian hukum. Namun setidaknya dengan perbaikan yang dilakukan ini, mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Ini kan ada semacam lubang besar selebar 12x8 meter dan sedalam 15 meter. Struktur saluran itu sendiri belum dibuat permanen karena akan dilanjutkan untuk pekerjaan selanjutnya, tapi saya juga belum tahu kelanjutnya seperti karena masih ada masalah hukumnya," ujarnya.

Jalur Alternatif

Dalam melakukan upaya rekayasa lalu lintas pada jalan Otista III, Jatinegara, Jakarta Timur yang ditutup karena adanya proyek sodetan kali Ciliwung. Pihak Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur memberikan jalur alternatif. Pasalnya jalur tersebut akan ditutup hingga Februari mendatang.

Kasi lalu Lintas Sudinhub Jakarta Timur, Andreas Eman mengatakan pihaknya telah membuat jalur alternatif bagi pengendara yang akan melintas atas ditutupnya jalan Otista III tersebut. "Kita sudah buatkan rute alternatifnya. Karena memang di jalan Otistas III tengah dilakukan proyek perbaikan sodetan kali Ciliwung. Sehingga untuk melancarkan pengerjaan kita tutup," kata Andreas Eman.

Diungkapkan Eman, arus lalu lintas dari arah timur (Jalan DI Panjaitan) yang akan menuju barat (Jalan Otista Raya) diarahkan melalui Jalan Otista III-Jalan Kebon Nanas Selatan 1-Jalan Kebon Nanas Selatan 2-Jalan Otista III–dan seterusnya.

"Sementara, kendaraan dari arah barat (Jl Otista yang akan menuju Timur (Jl DI Panjaitan) diarahkan melalui Jalan Otista III lanjut Jalan Kebon Nanas Utara 1, jalan Yahya dan keluar di Jalan Otista III," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah menerjukan personil untuk membantu mensosialisasikan kepada pengendara yang melintas, karena jalan tersebut memang sering digunakan pengendara. "Disetiap titik persimpangan akan kami tempatkan petugas dan ada juga petugas yang akan berjalan sekaligus untuk memandu pengendara," ucapnya. (Imanuel Nicolas Manafe)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Ada Pengerjaan Sodetan Kali Ciliwung, Jalan Otista III Ditutup Hingga Februari 2019"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru