Umum

Ada PPKM, zona merah corona di Jawa Bali masih banyak, Jawa Tengah tetap terbanyak

Rabu, 03 Februari 2021 | 08:37 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Ada PPKM, zona merah corona di Jawa Bali masih banyak, Jawa Tengah tetap terbanyak

ILUSTRASI. Ada PPKM, zona merah corona di Jawa Bali masih banyak, Jawa Tengah tetap terbanyak. Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Jawa-Bali sudah berlangsung dua tahap. Namun, zona merah corona di Pulau Jawa Bali masih banyak. Bahkan, beberapa provinsi di Jawa Bali malah mencatatkan kenaikan jumlah zona merah corona.

Merujuk laman Covid19.go.id, hingga Minggu (31/11) jumlah zona merah corona di Indonesia turun menjadi 63 kabupaten/kota. Jumlah zona merah corona tersebut turun dari pekan sebelumnya yang mencapai ada 92 daerah.

Zona merah corona adalah daerah berisiko tinggi penularan virus corona. Satgas Covid-19 memperbarui data zona penularan virus corona, dari zona merah, zona hijau, dan zona oranye setiap minggu.

Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia terus bertambah setiap hari. Namun penambahan kasus positif dalam sepekan terakhir tak setinggi pekan sebelumnya yang berkali-kali mencatat rekor harian.

Berdasarkan pengumuman laman Covid19.go.id, hingga Selasa (2/2) ada tambahan 10.379 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 1.099.687 kasus positif corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 12.848 orang sehingga menjadi sebanyak 896.530 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 304 orang menjadi sebanyak 30.581 orang.

Baca juga: Simak penjelasan WHO tentang mutasi virus corona yang diperkirakan lebih mematikan

Di Pulau Jawa Bali yang melaksanakan PPKM sejak pertengahan Januari 2021, terjadi penurunan zona merah corona di sejumlah provinsi. Namun ada juga provinsi yang mencatatkan kenaikan jumlah zona merah corona.

Penurunan jumlah zona merah corona antara lain di Jawa Tengah yang kini hanya tersebar 12 kabupaten/kota. Jumlah zona merah corona di Jawa Tengah tersebut berkurang cukup banyak dari pekan sebelumnya yang mencapai 18 wilayah.

Penurunan jumlah zona merah corona juga terjadi Jawa Timur yang kini hanya ada dua kabupaten yakni Madiun dan Trenggalek. Pekan sebelumnya, zona merah corona di Jawa Timur tersebar di 7 wilayah, yakni Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Magetan, dan Blitar.

Kemudian di Banten, zona merah corona hanya terdapat di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Pekan sebelumnya, zona merah corona di Banten tersebar di empat wilayah, yakni Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.

Sedangkan provinsi yang mencatatkan kenaikan jumlah zona merah corona antara lain di Jawa Barat. Per 31 Januari 2021, zona merah corona di Jawa Barat sebanyak 8 wilayah, naik dari pekan sebelumnya 6 daerah.

DKI Jakarta juga mencatat kenaikan jumlah zona merah corona, yang kini menjadi 5 daerah dari sebelumnya 4 wilayah. Terbaru, Jakarta Pusat kini menjadi zona merah corona.

Di Yogyakarta, zona merah corona tetap tersebar  di 3 daerah, yakni Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Pekan sebelumnya, zona merah corona di Yogyakarta sebanyak tiga wilayah, yakni Kulon Progo, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Jumlah zona merah corona di Bali juga tetap yakni 6 kabupaten/kota.

Berikut daftar zona merah corona di Indonesia berdasarkan data terbaru, 31 Januari 2021:

Zona Merah Corona di Sulawesi Utara

  • Minahasa
  • Kota Manado
  • Kota Bitung    
  • Kota Tomohon
  • Kota Kotamobagu   

Baca zona merah corona lain di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru